Semarang, Februari 2018

Sabtu, 17 Februari 2018 lalu Fakultas Ekonomi UNISSULA mengadakan acara Character Building Training (CBT) di Hotel Green Valley Bandungan, kab. Semarang.  Acara tersebut resmi dibuka oleh Wakil Dekan I, Dr. Hendar, S.E., M.Si. Kegiatan CBT yang berlangsung selama dua hari, yakni 17-18 Februari 2018 ini merupakan perwujudan dari  kepedulian dan peningkatan mental mahasiswa yang nantinya akan terjun langsung ke lapangan. Kepandaian dan ketrampilan dibidang akademik saja dirasa belum cukup tanpa adanya pembekalan mental, moral dan karakter yang baik  agar nantinya tidak terjadi penyalahgunaan ilmu. sebagai contoh  yang saat ini ada dinegara kita adalah maraknya kasus tindak pidana korupsi yang dilakukan oleh orang-orang yang sejatinya  mereka memiliki ilmu dan kepandaian yang tinggi.

Hari pertama mahasiswa pesera CBT dibekali dengan coaching CBT, tangung jawab dan kedisiplinan oleh Nur Saudi, S.T dari tim Oase Indonesia.  Sedangkan hari kedua, mahasiswa peserta CBT  dibekali pengetahuan tentang career mapping dan mainset greatness dari motivator ESQ LC Bapak Legisan S Samtafsir.  Seluruh rangkaian acara CBT berjalan dengan lancer dan juga dengan antusiasme yang tinggi dari seluruh peserta CBT.

Mangapa  Pembangunan Karakter Perlu?


Menurut Ahmad Rudi selaku dosen pembimbing lapangan,  Dewasa ini dari sisi sosial, unggah-ungguh, sikap menghargai, dan juga budaya malu perlahan lahan mulai rusak tergerus oleh kemajuan zaman. Belum lagi munculnya kekerasan didunia pendidikan yang baru baru ini menjadi sorotan. Banyak kasus kekerasan yang menjadi viral didunia maya  mendorong semakin digerakkannya pendidikan karakter bagi generasi penerus, khususnya mahasiswa. Oleh karena itu, pembangunan karakter ini menyelaraskan paradigma berfikir bahwa mahasiswa tidak hanya pintar tetapi juga beretika dan mental yang bagus, seperti yang diungkapkan dengan tegas oleh Ki Hajar Dewantara bahwa pendidikan merupakan daya upaya untuk memajukan bertumbuhnya budi pekerti (kekuatan batin, karakter), pikiran (intellect), dan tubuh anak. pembangunan karakter adalah tantangan berat untuk memperbaiki persoalan mendasar di dunia akademik. Oleh karena itu, mahasiswa dilatih nilai dan mental melalui disiplin, tanggung jawab, empati, kepedulian disamping nilai nilai yang ada pada Fakultas Ekonomi UNISSULA yaitu amanah, kerjasama, adil, kepemimpinan, inovatif.

Pembangunan karakter mahasiswa Fakultas Ekonomi UNISSULA telah dituangkan ke dalam rencana strategis dan perancangan program yang sistematis serta terintegrasi. Kedepannya, perancangan pendidikan karakter harus terus dilakukan dengan komitmen yang tinggi dan berkelanjutan serta diringi dengan monitoring dan evaluasi terus menerus.

Leave a reply