Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen (HMJM) Fakultas Ekonomi Unissula berhasil menyelenggarakan acara National Business Plan Competition (NBPC) Megamic 2018. NBPC Megamic 2018 merupakan kompetisi rancang bisnis tingkat Nasional yang mengangkat tema “Menggali Potensi Daerah Untuk Meningkatkan Perekonomian Nasional”. Kompetisi ini berlangsung mulai dari tanggal 28 – 29 Maret 2018 bertempat di Gedung Fakultas Ekonomi Unissula.

Dari tahap awal kompetisi ini terdapat 97 tim pendaftar yang berasal dari berbagai universitas dan perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Dari 97 tim tersebut, diseleksi kembali menjadi 6 besar yang berhak melaju ke babak final.

Pada tanggal 28 Maret 2018 diadakan Technical Meeting untuk seluruh tim finalis yang lolos ke tahap 6 besar. Pada technical meeting ini tim finalis diberikan arahan tentang ketentuan dan peraturan babak Grand Final NBPC Megamic 2018. Setelah technical meeting selesai, para peserta tim finalis diajak untuk mengikuti Field Trip berkeliling Kota Semarang. Dalam agenda field trip, para peserta berkesempatan untuk mengunjungi beberapa destinasi wisata di Kota Semarang yaitu Lawang Sewu dan Goa Kreo.

Pada tanggal 29 Maret 2018, para tim finalis mengikuti tahap Grand Final NBPC Megamic 2018. Dalam tahap ini para tim finalis memaparkan proposal business plan mereka kepada para juri NBPC 2018. Setelah pemaparan oleh tim finalis selesai dilanjutkan sesi tanya jawab oleh para juri.

Berdasarkan penilaian para juri, didapatkan tim yang berhasil meraih juara National Business Plan Competition 2018 yaitu

Juara 1 : Tim Buah Batu Regency dari Telkom University

Juara 2 : Tim Elysian dari Institut Teknologi Bandung

Juara 3 : Tim Case’ual dari UPN Veteran Jogjakarta

Ketua Panitia Megamic 2018, M Fajril Falach, berharap dengan adanya acara National Business Plan Competition Megamic 2018 ini para mahasiswa dapat mengoptimalkan potensi yang ada di daerahnya agar nantinya dapat meningkatkan perekonomian di Indonesia.

Leave a reply