Fakultas Ekonomi Unissula melakukan terobosan penting dalam memberikan perkuliahan bagi para mahasiswanya dalam kondisi darurat karena pandemik Corona / Covid -19. Menariknya hal itu sejalan dengan kebijakan merdeka belajar atau kampus merdeka yang telah digariskan Mendikbud.

Lantas bagaimana opsi belajar yang diberikan kepada mahasiswanya?.Dekan FE Unissula Prof Olivia Fachrunnisa SE MSi PhD menyatakan, FE Unissula menginisiasi beberapa kegiatan yang bisa dilaksanakan oleh mahasiswa D3 dan S1 yang dapat dikonversi ke dalam SKS (Satuan Kegiatan Semeseter) pada masa perkuliahan pasca UTS semester genap tahun akademik 2019/2020. Adapun bentuk kegiatan yang dapat dijadikan pengganti tujuh kali pertemuan perkuliahan adalah sebagai berikut.

Pertama, proyek wirausaha. Kegiatannya yaitu: menciptakan bisnis baru yang dikelola dari rumah secara online dan menghasilkan pendapatan sendiri. Membantu penghasilan orang tua yang terdampak situasi darurat Covid -19. Adapun outputnya berupa laporan singkat, bukti dokumen foto produk atau jasa dan pihak- pihak yang terlibat.

Kedua, proyek sosial kemanusiaan. Kegiatannya yaitu: membantu lingkungan sekitar kediaman untuk peduli lingkungan dan kesehatan (pola hidup bersih dan sehat) dan pencegahan penularan Corona. Bentuk kegiatannya seperti pengabdian masyarakat (membantu edukasi di daerah lokal, membantu inspeksi terhadap urban yang baru datang dari tempat terjangkit untuk mencegah penularan virus. Menjadi sukarelawan dalam memerangi Covid 19. Adapun outputnya dalam bentuk laporan singkat, bukti dokumen foto, foster dan pihak- pihak yang terlibat.

Ketiga, proyek kajian ilmiah (riset). Kegiatannya antara: menulis essay di media cetak / online bereputasi tentang hal- hal terkait situasi darurat Covid 19 dan dampaknya terhadap sektor perekonomian, outputnya berbentuk essay. Menulis essay berisi review kebijakan Pemerintah tentang Covid – 19 yang berhubungan dengan perekonomian, outputnya berbentuk essay. Menyusun konten vlog/ animasi berisi edukasi dan pengetahuan tentang covid 19 dan dampaknya terhadap bisnis dan perekonomian, outputnya video, poster, dan animasi. Menyusun artikel ilmiah tentang implementasi ilmu manajemen/ akuntansi dalam mengatasi dampak Covid – 19, output artikel siap submit.

Keempat, proyek penelitian sederhana. Kegiatannya sebagai berikut: menyususn proposal penelitian terkait dengan pengembangan ekonomi kreatif, ekonomi halal, dan ekonomi hijau terkait dengan dampak pandemik Covid -19, output proposal penelitian. Membantu penelitian terkait Covid -19 dan tema pusat studi FE Unissula yaitu: a) pengembangan ekonomi kreatif, b) pengemngan ekonomi halal, c) pengembangan ekonomi hijau, output laporan penelitian.

Prosedur teknis kegiatannya, mahasiswa mengajukan proposal singkat kegiatan yang akan atau sedang dilaksanakan kepada kaprodi melalui email paling lambat 15 April 2020. Alamat email sebagai berikut S1 Manajemen: ardian@unissula.ac.id, S1 Akuntansi: winarsih@unissula.ac.id, D3 Akuntansi: khoirulfuad@unissula.ac.id. Isi proposal antara lain: judul kegiatan, latar belakang, dan bentuk kegiatan.

Kaprodi akan memberikan persetujuan dengan beberapa kriteria yang telah ditentukan pada tanggal 19 April 2020. Bagi proposal yang belum disetujui, mahasiswa diwajibkan mengikuti perkuliahan di kelas online. Kaprodi akan menunjukkan dosen pembimbing untuk masing masing kegiatan yang diusulkan oleh mahasiswa.

Lantas apakah mengikuti proyek tersebut merupakan sebuah keharusan? “Kegiatan tersebut bersifat opsional, jika tidak mengambil salah satu kegiatan di atas maka mahasiswa wajib mengikuti perkuliahan daring yang dilaksanakan melalui SIM akademik Unissula”, demikian pungkas Olivia.

Leave a reply