FE Unissula, kembali menggelar acara seminar yang bertujuan untuk mengasah kemampuan mahasiswa dalam menulis dan menuangkan ide kreatif mereka. Seminar yang bertajuk “Kiat Sukses Menyusun Proposal PKM” diselenggarakan di Aula FE Unissula pada hari Selasa (20/01). Hadir sebagai pembicara adalah Tri Wikaningrum, SE, Msi, selaku Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni Unissula, serta H. Sri Hartono, SE, Msi selaku dosen yang concern dalam bidang penelitian dan program kreativitas mahasiswa. Acara tersebut menjadi salah satu media untuk memberikan pemahaman dan pengarahan bagi mahasiswa mengenai pengajuan proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang rutin diselenggarakan oleh Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (Ditlitabmas).

PKM merupakan wadah bagi mahasiswa untuk turut berkontribusi dalam membantu memenuhi kebutuhan masyarakat hingga membangun lulusan perguruan tinggi yang mandiri. Dalam seminar yang digelar FE Unissula tersebut, dibahas mengenai PKM dalam bidang Pengabdian Masyarakat (PKM-M), Penelitian (PKM-P), dan Kewirausahaan (PKM-K). Sri Hartono mengungkapkan, “Penulisan proposal PKM telah dijadikan suatu keharusan bagi setiap mahasiswa dan menjadi standar kompetensi yang harus dipenuhi oleh lulusan FE Unissula”. “Setidaknya, mereka mengetahui struktur penulisan PKM yang benar dan memiliki ide kreatif yang dapat direalisasikan dalam sebuah kegiatan, sehingga tidak hanya berhenti sebagai sebuah gagasan, namun dapat memberi dampak positif bagi masyarakat”.

Hal senada mengenai pentingnya pelaksanaan pengajuan proposal PKM juga disampaikan oleh Tri Wikaningrum, “Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) memiliki berbagai jenis bidang yang memiliki tujuan dan kemanfaat yang berbeda-beda, semisal PKM-K yang mengajarkan mahasiswa untuk berdikari sebagai pengusaha muda, hingga PKM-M yang menumbuhkan sikap solidaritas sesama dalam mencapai solusi permasalahan sosial, oleh karena itu diharapkan mahasiswa mampu menggunakan kesempatannya dalam menyumbangkan kontribusinya dalam menyukseskan PKM hingga bermanfaat bagi lingkungan dan masyarakat luas”

Leave a reply