hishefHimpunan Mahasiswa Dakwah (Himmah) FE-UNISSULA baru-baru ini melaksanakan kegiatan HiShEF 2014, mengangkat tema “Peran Ekonomi Islam Terhadap Ekonomi Kreatif Pra-Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2015”. HiShef dilaksanakan melalui tiga bentuk kegiatan yaitu bazaar, Seminar Nasional dan Temu Ilmiah Komisariat FoSSEI Semarang 2014

Bazaar Madinah. (18-20 Desember 2014)

Stand yang ditampilkan berupa stand buku, makanan dan minuman, pakaian, hijab, accessories, serta beberapa stand dari sponsor yaitu rabbani, XL, teh botol sosro dan profits Pintraco.

Seminar Nasional. (19 Desember 2014)

Seminar ini mengambil tema “My Business, My Inspiration” (Peran Pemuda dalam Ekonomi Islam) yang dilaksanakan dalam dua sesi yaitu sesi pertama dengan pembicara Hamzah Izzulhaq dan Eko Muhyi Syafa’at (Moderator). Sesi kedua dengan pembicara Dodi Hodayatullah, SE dan Muhammad Cholidi Asadil Alam sedangkan sebagai moderator dipercayakan kepada Mukhlis Jundi al-Fathi. Seminar Nasional ini dihadiri oleh ± 500 orang peserta dari mahasiswa Unissula, Lembaga Dakwah Fakultas se-Unissula, mahasiswa dari seluruh Universitas se-Semarang, dan masyarakat umum.

Temu Ilmiah (20-21 Desember 2014)

Temu Ilmiah Komisariat (Temilkom) Forum Silaturrahim Studi Ekonomi Islam (FoSSEI) Komisariat Semarang 2014 merupakan program kerja tahunan berupa lomba-lomba dalam ranah ekonomi islam. Pada tahun ini Himmah-FE Unissula yang juga tergabung dalam FoSSEI Komisariat Semarang diamanahi menjadi tuan rumah Temilkom 2014. Kegiatan ini diikuti 6 Universitas se-Kota Semarang yaitu Universitas Negeri Semarang, Universitas Diponegoro, Politeknik Negeri Semarang, UIN Walisongo, STAIMAFA Pati dan STAIN Salatiga. Temilkom terdiri atas tiga lomba yaitu :

  • Lomba Artikel Ilmiah Ekonomi Islam yang dimenangkan oleh Universitas Diponegoro (Juara I), Universitas Negeri Semarang (Juara II) dan STAIMAFA Pati (Juara III). Juri pada lomba ini adalah Drs. Widiyanto, M.Si., Ph.D., Dr. H. Moch. Zulfa, MM. dan Dr. H. Ardian Adhiatma, SE., MM.
  • Lomba MTQ dimenangkan oleh Politeknik Negeri Semarang (Juara I), IAIN Salatiga (Juara II) dan UIN Walisongo (Juara III). Juri pada lomba ini adalah Khoirun Nizar, S.Hi.,S.Hum, M.Hum., Ustad Abdullah Habib dan Miftahul Choir
  • Lomba Cerdas Cermat. dimenangkan oleh Piloteknik Negeri Semarang (Juara I), Universitas Negeri Semarang (Juara II) dan UIN Walisongo (Juara III). Juri pada lomba ini adalah Dr. H. Moch. Zulfa, MM., Dr. H. Asyahari, SE., MM., Dr. Mutamimah, SE.,M.Si. dan Provita Widjayanti, SE., M.Si.

Setelah melalui beberapa rangkaian lomba dan penilaian yang sangat ketat, maka diputuskan bahwa Juara Umum Temilkom 2014 adalah Politeknik Negeri Semarang. Kegiatan HiShEF 2014 ditutup secara resmi oleh Provita Widjayanti, SE.,M.Si. selaku Pembina Himpunan Mahasiswa Dakwah (Himmah) Fakultas Ekonomi Universitas Islam Sultan Agung Semarang

Leave a reply