kku sosroProses pemagangan mahasiswa KKU Angkatan XXII Fakultas Ekonomi Unissula di PT. Sinar Sosro Kantor Penjualan Wilayah (KPW) Jawa Tengah. Mahasiswa KKU sebagai surveyor distribusi pemasaran khususnya pada Kantor Penjualan Semarang lebih berorientasi pada kajian saluran distribusi  berbasis wilayah.  Dengan demikian output analisis adalah peluang usaha/ kelayakan bisnis yang juga berbasis distribusi pemasaran wilayah. Sasaran analisis kajian peluang usaha (SKB) difokuskan pada wilayah specific dalam pemasaran Teh Botol Sosro, termasuk di dalamnya study kelayakan, peramalan penjualan, potensi pasar dsb

Kunjungan pertama 11 Desember 2014 langsung dipimpin oleh Hj. OLivia Fachrunnisa, SE, MSi, Ph.D (Dekan FE) didampingi Tri Wikaningrum, SE, MSi (Ketua KKU) dan sejumlah Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKU.

Perguruan Tinggi merupakan kelanjutan pendidikan menengah yang diselenggarakan untuk mempersiapkan peserta didik untuk menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan profesional sehingga dapat menerapkan, mengembangkan, dan menciptakan ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian (UU 2 tahun 1989, pasal 16 ayat (1). syarat dapat menyelenggarakan pendidikan profesi. Perguruan tinggi melalui progam magang, praktek kerja lapangan dan sejenisnya, menginginkan lulusan mahasiswanya lebih siap terjun dan terampil dalam dunia usaha maupun profesional.

PT. Sinar Sosro adalah perusahaan nasional, yang bergerak dibidang industri minuman, mencakup produksi produk produk sosro dan distribusinya. Salah satu strategi distribusi dan penjualan yang sedang digalakkan adalah Pendekatan Wilayah. Dalam rangka mendekatkan dunia bisnis dan dunia praktek, maka strategi distribusi dan penjualan PT Sinar Sosro ini dapat dijadikan wadah bagi mahasiswa untuk mendapatkan ilmu praktik tentang kegiatan operasi sebuah bisnis. Oleh karena itu, kerjasama antara PT Sinar Sosro dengan Fakultas Ekonomi Universitas Islam Sultan Agung Semarang diharapkan dapat meningkatkan soft-skill para mahasiswa

Manfaat

  1. Memberikan wadah bagi mahasiswa guna menambah wawasan, pengetahuan berwirausaha, kemampuan diri (konsep, teknis dan komunikasi) dalam menghadapi kondisi / permasalahan yang nyata.
  2. Meningkatkan soft-skill mahasiwa.
  3. Mendapatkan “eagle-view” atas potensi simulasi bisnis yang telah di survey
  4. Dapat menerapkan/mengaplikasikan landasan teori atau mata kuliah yang telah diperoleh dalam dunia usaha-praktek kerja. Adanya hubungan antara landasan teori dan penerapannya dapat digunakan untuk mengevaluasi/menganalisa suatu permasalahan.
  5. Mahasiswa mampu menganalisa/menggali potensi bisnis dan membuat studi kelayakan bisnis distribusi minuman Teh Botol Sosro RGB di wilayah spesifik, melalui konsep TERRITORY MANAGEMENT, yang merupakan salah satu konsep berbasis wilayah dalam menguasai pasar yang digunakan PT Sinar Sosro dalam menjalankan bisnis di bidang Distribusi dan Penjualan
  6. Membina dan meningkatkan hubungan baik antara Perguruan Tinggi/Sekolah tinggi dengan lingkungannya

 

Susunan pengurus KKU Angkatan XXII

  1. Tri Wikaningrum, SE., M.Si (Ketua)
  2. Maya Indriastuti, SE., M.Si (Sekretaris)
  3. Tri Kuntarti, Amd dan Pipit Hadi Prabowo, Amd (Tenaga Administrasi)
  4. Dr. Ibnu Khajar, SE., M.Si, Dr. Zaenal Alim Adiwijaya, SE., M.Si dan Drs. Mulyana, M.Si (Tim Ahli)
  5. Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKU terdiri dari:
    • Dr. Mutamimah, SE., M.Si
    • Dr. Nunung Ghoniyah, SE., M.Si
    • Dr. Kiryanto, SE., M.Si., Akt., CA
    • Sri Dewi Wahyundaru, SE., M.Si., Akt., CA
Leave a reply