kku sosroProses pemagangan mahasiswa KKU Angkatan XXII Fakultas Ekonomi Unissula di PT. Sinar Sosro Kantor Penjualan Wilayah (KPW) Jawa Tengah. Mahasiswa KKU sebagai surveyor distribusi pemasaran khususnya pada Kantor Penjualan Semarang lebih berorientasi pada kajian saluran distribusi  berbasis wilayah.  Dengan demikian output analisis adalah peluang usaha/ kelayakan bisnis yang juga berbasis distribusi pemasaran wilayah. Sasaran analisis kajian peluang usaha (SKB) difokuskan pada wilayah specific dalam pemasaran Teh Botol Sosro, termasuk di dalamnya study kelayakan, peramalan penjualan, potensi pasar dsb

Kunjungan pertama langsung dipimpin oleh Dr. Hj. Indri Kartika, MSi, Akt, CA (Dekan FE) didampingi Dr. Budhi Cahyono, SE, MSi (Ketua KKU) dan sejumlah Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKU. Pelaksanaan KKU angkatan XXII ini direncanakan selama 2 bulan (11 April s/d 11 Juni 2014)

Perguruan Tinggi merupakan kelanjutan pendidikan menengah yang diselenggarakan untuk mempersiapkan peserta didik untuk menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan profesional sehingga dapat menerapkan, mengembangkan, dan menciptakan ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian (UU 2 tahun 1989, pasal 16 ayat (1). syarat dapat menyelenggarakan pendidikan profesi. Perguruan tinggi melalui progam magang, praktek kerja lapangan dan sejenisnya, menginginkan lulusan mahasiswanya lebih siap terjun dan terampil dalam dunia usaha maupun profesional.

PT. Sinar Sosro adalah perusahaan nasional, yang bergerak dibidang industri minuman, mencakup produksi produk produk sosro dan distribusinya. Salah satu strategi distribusi dan penjualan yang sedang digalakkan adalah Pendekatan Wilayah. Dalam rangka mendekatkan dunia bisnis dan dunia praktek, maka strategi distribusi dan penjualan PT Sinar Sosro ini dapat dijadikan wadah bagi mahasiswa untuk mendapatkan ilmu praktik tentang kegiatan operasi sebuah bisnis. Oleh karena itu, kerjasama antara PT Sinar Sosro dengan Fakultas Ekonomi Universitas Islam Sultan Agung Semarang diharapkan dapat meningkatkan soft-skill para mahasiswa.

Manfaat

  1. Memberikan wadah bagi mahasiswa guna menambah wawasan, pengetahuan berwirausaha, kemampuan diri (konsep, teknis dan komunikasi) dalam menghadapi kondisi / permasalahan yang nyata.
  2. Meningkatkan soft-skill mahasiwa.
  3. Mendapatkan “eagle-view” atas potensi simulasi bisnis yang telah di survey
  4. Dapat menerapkan/mengaplikasikan landasan teori atau mata kuliah yang telah diperoleh dalam dunia usaha-praktek kerja. Adanya hubungan antara landasan teori dan penerapannya dapat digunakan untuk mengevaluasi/menganalisa suatu permasalahan.
  5. Mahasiswa mampu menganalisa/menggali potensi bisnis dan membuat studi kelayakan bisnis distribusi minuman Teh Botol Sosro RGB di wilayah spesifik, melalui konsep TERRITORY MANAGEMENT, yang merupakan salah satu konsep berbasis wilayah dalam menguasai pasar yang digunakan PT Sinar Sosro dalam menjalankan bisnis di bidang Distribusi dan Penjualan
  6. Membina dan meningkatkan hubungan baik antara Perguruan Tinggi/Sekolah tinggi dengan lingkungannya

 

Susunan pengurus KKU Angkatan XXII

  1. Dr. Budhi Cahyono, SE., M.Si (Ketua)
  2. Maya Indriastuti, SE., M.Si (Sekretaris)
  3. Agus Haryanto, SE (Tenaga Administrasi)
  4. Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKU terdiri dari:
    • Dr. Zaenal Alim Adiwijaya, SE., M.Si
    • H. Sri Hartono, SE., M.Si
    • Agus Sobari, SE., M.Si
    • Drs. Mulyana, M.Si
    • Zaenudin, SE., MM
    • Drs. H. Noor Kholis, MM
    • Dra. Sri Hindah Pujihastuti, MM
    • Tri Wikaningrum, SE., M.Si
    • Ken Sudarti, SE., M.Si
    • Dista Amalia Arifah, SE., M.Si., Akt., CA
    • Provita Wijayanti, SE., M.Si
    • Hendri Setyawan, SE., MPA

 

Leave a reply