marketing onlinePerkembangan teknologi dan maraknya pengguna sosial media sebagai alat strategis dalam melakukan pemasaran menjadi salah satu alasan terselenggaranya kuliah dosen tamu yang diadakan Prodi Manajemen FE-UNISSULA (12/12). Acara ini mengambil tema “Peran Strategis Marketing Online Dalam Menghadapi MEA 2015” dengan menghadirkan narasumber Suryadin Laoddang, praktisi aktif dalam dunia marketing online, baik sebagai pebisnis, konsultan marketing online di berbagai perusahaan maupun sebagai narasumber di berbagai seminar (@dosenjualan). Selain itu beliau juga berperan aktif dalam organisasi Kebudayaan Bugis, penulis dan editor buku serta sebagai penulis lepas di beberapa media cetak lokal maupun nasional. Lebih jauh Suryadin menjelaskan bahwa dalam rangka menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2015, marketing online dapat menjadi solusi bagi para pebisnis muda khususnya mahasiswa yang telah merambah dunia bisnis, untuk dapat terus bersaing, dan memperlebar pasar, setidaknya di tingkat Nasional hingga Asia. Mengingat, pemasaran dengan memanfaatkan sosial media, bukanlah hal yang mahal dan mudah dilakukan.

Kuliah dosen tamu kali ini dapat membuka wawasan kami tentang marketing online yang baik, yaitu bukan hanya sekedar berjualan tapi juga bisa memasarkan, melakukan riset pasar, memilih produk yang akan dijual, memilih jenis media dalam pemasaran, semua dapat dilakukan dengan mudah melalui marketing online ini” ungkap Rini salah satu  peserta kuliah dosen tamu tersebut. “Selain itu, acara ini dapat menumbuhkan motivasi bagi kami untuk memulai berdikari di bidang bisnis, dengan strategi pemasaran gratis yang pas dengan kantong mahasiswa seperti kami” imbuh  mahasiswi Prodi S1 manajemen tersebut.

Harapan yang disampaikan oleh Dra. Hj. Alifah Ratnawati, MM selaku Ketua Program Studi S1-Manajemen FE Unissula atas terselenggaranya acara ini adalah, mengeksplor pengetahuan mahasiswa mengenai peran strategis marketing online sebagai salah satu kontribusi besar peningkatan daya saing pemasaran produk dan jasa dalam rangka menghadapi MEA 2015. Selain itu diharapkan ilmu yang telah diperoleh dapat di aplikasikan di dunia bisnis sesungguhnya oleh para mahasiswa Prodi S1-Manajemen FE Unissula

Leave a reply