MoU Pembentukan “Tax Center” UNISSULA

mou taxFakultas Ekonomi UNISSULA bekerja sama dengan Kanwil Direktorat Jenderal Pajak Jawa Tengah I mengadakan penandatangan MoU “Tax Centre” Kegiatan ini berlangsung di Aula FE UNISSULA (Selasa, 20 September 2011), dan disaksikan oleh para mahasiswa baru FE UNISSULA. Penandatangan tersebut dilakukan oleh Rektor UNISSULA, Prof Dr Laode M. Kamaluddin, M Sc, M Eng sebagai perwakilan dari UNISSULA, sedangkan untuk  Kanwil Ditjen Pajak Jateng I diwakili oleh Drs Sakli Anggoro, MP. Ac yang menjabat sebagai Kepala Kantor Wilayah Ditjen Pajak Jateng I.

Adapun tujuan dari MoU “Tax Centre” ini, antara lain untuk mewujudkan kerjasama antara Ditjen Pajak dengan UNISSULA dalam rangka penyampaian informasi perpajakan kepada mahasiswa, dosen, dan karyawan UNISSULA pada khususnya dan masyarakat pada umumnya. Selain itu Nota Kesepahaman ini bertujuan untuk mewujudkan kesadaran dan kepedulian masyarakat dalam memahami perpajakan dan Wajib Pajak dalam memenuhi kewajibannya di bidang perpajakan.

Dalam sambutannya, Prof Dr Laode M. Kamaluddin, MSc, M.Eng menyoroti tentang pembangunan Public Utility sebagai manfaat pajak yang bisa digunakan untuk mencapai kebaikan dan kesejahteraan umat. Sedangkan  Kepala Kanwil Dirjen Pajak Jateng 1, Drs Sakli Anggoro, MP. Ac menyampaikan bahwa selama 2 tahun terakhir Dirjen Pajak fokus untuk melakukan berbagai kegiatan yang bertujuan untuk menumbuhkan kepedulian masyarakat (khusunya di sekolah dasar hingga tingkat lanjut serta Perguruan Tinggi) dengan beberapa pendekatan seperti pendekatan agama, budaya dan juga motivator. Beliau juga menyampaikan akhir bulan ini Ditjen Pajak akan mengadakan sensus pajak nasional yang akan dimulai dari sentra bisnis.

Dengan adanya perjanjian yang akan berlaku selama lima tahun ke depan ini, UNISSULA dapat mendapatkan akses basis data peraturan perpajakan terbaru, buku-buku bidang perpajakan yang bisa digunakan sebagai penunjang referensi mahasiswa FE, UU Perpajakan, Konsultasi Perpajakan dan bisa mendapatkan narasumber dari Ditjen Pajak untuk beragam topik di bidang perpajakan. Di lain pihak, Ditjen Pajak sendiri juga mendapat beragam manfaat, seperti mendapatkan akses lebih banyak terhadap dosen dan mahasiswa serta masyarakat di lingkungan UNISSULA sehingga informasi tentang Pajak dapat lebih tersosialisasikan.

Dampak perjanjian ini sangat signifikan bagi kedua belah pihak, karena dengan kerjasama ini diharapkan dapat tercipta sinergi yang positif antara dunia praktisi, yang diwakili Ditjen Pajak, dan masyarakat Prguruan Tinggi yang pada akhirnya diharapkan dapat berkontribusi terhadap kemajuan pembangunan pembangunan bangsa di masa yang akan datang.

Leave a reply