pengukuhan bu tatiekKinerja organisasi yang unggul dapat dicapai bila manajemen mampu menggabungkan dan mengoptimalkan seluruh sumber daya yang dimiliki untuk menghasilkan kompetisi inti organisasi atau perusahaan. Demikian Pidato Pengukuhan Guru Besar Prof. Dr. Tatiek Nurhayati, MM dengan judul “Strategi Membangun Kualitas Sumber Daya Dan Orientasi Kewirausahaan” yang dilaksanakan pada tanggal 17 Desember 2010 di Aula Gedung C. Fakultas Kedokteran Unissula.

Saat Resesi “UKM lebih tangguh, menyerap tenaga kerja sekitar 90%, memberi nilai tambah sekitar 56% dipilih sebagai representasi ekonomi rakyat”. Kondisi di Indonesia dari 230 juta jiwa baru sekitar 0,2 persen yang menjadi wirausaha. Idealnya, 2% untuk menciptakan lapangan kerja”.

Ilmu Pengetahuan (knowledge) sebagai kekuatan (power), berperan: mengubah cara berpikir, menjawab tantangan masa depan dan melahirkan inovasi. Peran sumber daya manajerial sangat strategis untuk membangun kualitas sumber daya yang dipresentasikan dalam kualitas: human capital, social capital, kualitas produk dan reputasi. Semangat dan orientasi kewirausahaan merupakan faktor pemicu kinerja unggul, melakukan kombinasi baru (inovasi) : produk, pasar, teknologi, manajemen dan sumber daya lainnya. Daya saing organisasi ditentukan oleh kinerja organisasi: pembelajaran organisasi dengan dasar knowledge, kreativitas sumber daya dan orientasi kewirausahaan.

Pembelajaran organisasi yang berbasis pada peningkatan pengetahuan (knowledge) perlu dibudayakan dalam setiap organisasi/ perusahaan. Pengumpulan pengetahuan baru melalui proses pembelajaran organisasi sangat penting bagi peningkatan kemampuan inovasi dan kinerja organisasi.

Leave a reply