Prodi S1 Akuntansi FE Unissula kembali terakreditasi A dengan SK BAN PT no 0176/ SK/ BAN-PT/ Akred/S/I/2017 pada 10 Januari 2017 lalu. Perolehan akreditasi A ini merupakan keempat kalinya diraih oleh Prodi S1 Akuntansi. Bertindak sebagai Assesor BAN PT adalah Dr. Dody Hapsoro Tarcisius MSPA, MBA, Ak, CA (STIE YKPN) dan Dr Darwis Said, SE,Ak, MSA (Unhas Makassar).

Dekan FE Dr. Olivia Fachrunnisa, menuturkan, beberapa keunggulan yang dimiliki oleh Prodi Akuntansi sehingga berhasil mempertahankan akreditasi A di antaranya kualitas sumber daya manusia, baik dosen, mahasiswa maupun staff. “Tahun ini ada tambahan 2 doktor baru, dan 6 lainnya sedang menempuh program studi doctoral” ungkap Olivia.

Menurutnya, para dosen dan mahasiswa juga menunjukkan prestasi yang gemilang, seperti Kaprodi S1 Akuntansi Rustam Hanafi, SE, MSc sebagai juara Kaprodi berprestasi tingkat Kopertis Jawa Tengah. Sementara mahasiswa juga memiliki prestasi baik di level regional, nasional dan internasional. “Kualitas kegiatan staff dan student mobility juga terus meningkat, tidak hanya di Asia Tenggara tetapi sudah level Asia dan Eropa.” Imbuhnya. “Untuk program ini, kami memperoleh Hibah Bantuan Fasilitasi Kerjasama internasional (BFKSI) dari Dikti untuk inisiasi kerjasama internasional yang meliputi student mobility dan staff mobility ke Dongseo University dan Changwon  National University Korea”

Selain itu, menurut Dekan, peningkatan kualitas proses pembelajaran juga terus dilakukan dengan update kurikulum  Program  Studi. “Kurikulum yang diterapkan berdasarkan SNPT dan KKNI, serta sudah mengacu pada International Education Standard. Lanjutnya, “Kami juga baru-baru ini kami memperoleh Hibah Bantuan Operasional Akreditasi (BOA) untuk penguatan evaluasi  akademik dan non akademik di Prodi S1 Akuntansi. Selain itu untuk peningkatan kualitas lulusan,  program studi juga sudah mengimplementasikan program pengembangan karakter dan Islamic soft skill bernama “TUMBUH” (Terlatih untuk menjadi baik, ulet dan berhasil) selama 6 semester. Program ini dalam rangka peningkatan soft skill mahasiswa yang berkarakter Islami ” tambahnya.

Dekan mengatakan akan terus meningkatkan kualitas prasarana kegiatan akademik yang lebih baik, mengimplementasi sistem informasi berbasis IT pada segala aspek kegiatan akademik, serta meningkatkan jumlah publikasi ilmiah dosen baik pada level nasional maupun internasional.

Menjadi Rujukan Akuntansi Syariah

Setelah perolehan A yang empat kali berturut-turut, S1 Akuntansi akan mencoba akreditasi internasional (ABEST 21 atau AACSB) “Kami bertekad menjadi knowledge center untuk akuntan pendidik dan profesi akuntan di Jawa Tengah melalui program IAI Affiliated Campus. Ke depannya juga akan dibuka Kelas internasional.” Kata Dekan.

Sementara itu Kajur Rustam Hanafi, SE, MSc, Ak, CA mengaku bersyukur atas perolehan akreditasi A ke empat kalinya ini. “Hal ini berkat kerja keras dan kerjasama seluruh civitas akademika FE Unissula. Semoga ke depan bisa mempertahankan status akreditasi ini dan meningkatkan ke akreditasi internasional.” Tutur Rustam.

“Harapan ke depan, Prodi Akuntansi Unissula akan menjadi pusat rujukan bagi pengembangan ilmu akuntansi syariah untuk menyiapkan lulusan yang siap menguatkan sistem perekonomian bangsa dan kemaslahatan umat” pungkasnya.

Leave a reply