“Sistem Ekonomi Non Riba: Kajian Konseptual dan Aplikatif Membangun Perekonomian Madani”

Seminar Nasional Ekonomi IslamSistem ekonomi yang ada sekarang belum mampu memberikan solusi atas pemenuhan kebutuhan manusia secara memuaskan. Ada instrumen ekonomi yang dijalankan dalam ekonomi konvensional dianggap tidak sesuai dengan ajaran Islam. Demikian dikatakan oleh Prof. Dr. Muhammad, M.Ag (Pakar Ekonomi Syariah) dalam seminar nasional “Sistem Ekonomi Non Riba: Kajian Konseptual dan Aplikatif Membangun Perekonomian Madani” yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Dakwah Fakultas Ekonomi Unissula (HIMMAH – FE) pada hari Jumat, 17 Juni 2011 di Aula FE Unissula.

Definisi Ekonomi Islam:

  • Ekonomi Islam adalah ilmu sosial yang mempelajari masalah ekonomi masyarakat yang diilhami oleh nilai-nilai Islam (Mannan)
  • Ekonomi Islam adalah suatu upaya yang sistematik untuk memahami masalah ekonomi dan perilaku masyarakat, dalam perspektif Islam (Khurshid Ahmad)
  • Ekonomi Islam adalah tanggapan para pemikir muslim atas berbagai tantangan ekonomi. Dalam hal ini didasarkan pada Quran dan Sunnah disamping alasan dan pengalaman (N. Siddiqi)
  • Ekonomi Islam adalah suatu ilmu dan penerapan hukum syariah yang melindungi ketidakadilan dalam kaitan dengan upaya pencapaian kesejahteraan manusia dan pelaksanaan ibadah kepada Allah (Hasanuz Zaman)
Leave a reply