Fakultas Ekonomi (FE) Unissula menggelar soft launching C2S (Career and Competence Services) pada hari Selasa, 7 Juli 2020. C2S merupakan Unit yang mendampingi, melayani, dan membimbing lulusan FE agar mandiri dan dapat menghadapai dunia bisnis.

Unit C2S bertujuan untuk Meningkatkan kompetensi lulusan yang disesuaikan dengan learning profile, menambah jejaring lulusan dengan dunia usaha, membekali mahasiswa dan lulusan untuk bisa menyesuaikan dengan perubahan lingkungan industri, meningkatkan network dan silaturahmi antar alumni. Dua pemateri yang tampil yaitu Ust Riza Zacharias (Chairman Syamil Grup) dan Dodik Srianto (Dinas Koperasi dan UKM Provinisi Jawa Tengah)

Menurut Riza menjelaskan bahwa ada empat guide untuk para lulusan dalam melakukan usaha yaitu akidah, taqwa, mindset dan kesempatan. “Tidak perlu kecewa dan putus asa dengan kelulusan pada periode Covid-19. Semua yang terjadi saat ini sudah direncanakan oleh Allah SWT dan seorang muslim harus percaya oleh Allah”, ujarnya
Masih menurut Riza pada tahun 2020 merebaknya COVID-19 menghambat setiap kegiatan, khususnya ekonomi dan bisnis. Tidak hanya di perusahaan kecil bahkan perusahaan besar juga sangat terkena dampak dari COVID-19. Dunia saat ini pada umumnya posisinya sedang sulit.

“Mahasiswa lulusan periode ini banyak yang kurang percaya diri karena disambut oleh dunia kerja yang sedang krisis, namun justru ini bisa menjadi kesempatan emas. Teknologi yang mutakhir sekarang ini dapat menjangkau dunia dengan mudah. Teknologi jaman sekarang telah memfasilitasi kita dengan mudah untuk membangun usaha dan mencari kerja dari jauh”, pungkas Riza.
Sementara itu Dodik Srianto ST MM Sekretaris Dinas Koperasi UKM Prov Jateng yang juga mengungkapkan UMKM sangat terdampak Covid-19, yang menyebabkan PHK besar-besaran tidak hanya pada sektor UMKM namun bahkan pada perusahaan-perusahaan besar.

“Meskipun secara umum UMKM mengalami penurunan omzet yang cukup tajam, tetapi untuk UMKM berbasis online mengalami peningkatan omzet yang signifikan. Sejak pemerintah menerapkan social distancing banyak masyarakat yang beralih pada belanja online dibanding offline, dengan keadaan ini masyarakat berlomba-lomba berjualan di media online. Namun masih banyak yang masih bingung dengan bagaimana cara memulainya, bagaimana pemasarannya, dan darimana modalnya. Dinas Koperasi dan UMKM telah menyediakan fasilitas untuk para lulusan baru yang ingin merintis dan mengembangkan usahanya”, ungkap Dodik.

Dekan FE Unissula, Prof Olivia Fachrunnisa SE., M.Si., Ph.D menyambut baik acara tersebut. Ia menyebut rangkaian kegiatan unit C2S memiliki tujuan agar lulusan baru FE Unissula dapat mandiri menghidupi dirinya sendiri dan membangun ekosistem bisnis halal. Berbagai program menarik dan gratis akan dilaksanakan sampai dengan Desember 2020 secara daring, bekerjasama dengan beberapa institusi seperti platform E-commerce, marketplace dan pengembang digital business. Program ini terbuka untuk lulusan periode Juli dan periode sebelumnya, serta segenap mahasiswa FE. “Kami mendorong para lulusan baru untuk merintis usaha di masa pandemi Covid-19 dengan saling bekerja sama antar alumni”, ungkapnya.

Leave a reply