workshop kurikulum d3Terhitung tanggal 17 Januari 2012 lalu, Presiden RI telah menandatangani Peraturan baru yaitu Peraturan Presiden No. 8 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia yang di dalamnya antara lain mengatur tentang: jenjang, penyetaraan, dan penerapan kualifikasi sumber daya manusia Indonesia. Adanya Peraturan tersebut dimaknai sebagai upaya untuk mewujudkan mutu dan jati diri Bangsa Indonesia terkait dengan sistem pendidikan dan pelatihan nasional yang dimiliki Indonesia.

Menindaklanjuti Perpres yang ada, pada tanggal 23 Mei 2014 Progdi D3 Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Islam Sultan Agung mengadakan “Workshop Kurikulum Berbasis Kompetensi”, yang bertempat di ruang seminar FE Unissula lantai 2. Peserta Workshop diikuti oleh para pimpinan FE Unissula dan segenap staf pengajar Progdi Diploma Tiga Akuntansi FE Unissula.

Workshop terdiri dari dua sesi, sesi pertama adalah diskusi dengan praktisi yang diisi oleh dua narasumber. Narasumber Pertama Bp. Eman Sukanto, SE, MSi, Akt, selaku Manager Internal Audit PT.BD sebagai perwakilan dari pihak pengguna lulusan, yang menyampaikan materi mengenai “Kompetensi Yang Dibutuhkan Lulusan D3 Akuntansi Dari Sudut Pandang Dunia Usaha. Penjelasan narasumber pertama meliputi ; Isu terkini dunia bisnis terkait dengan akuntansi-audit-perpajakan, kompetensi tenaga kerja yang dibutuhkan, softskill yang harus dimiliki sebagai nilai tambah tenaga kerja serta tantangan yang dihadapi oleh lulusan D3 akuntansi saat ini.

 

Sedangkan Bp. M.Noor Ardiansah, SE, MSi, Akt yang merupakan anggota Tim Perumus Kaji Ulang Kurikulum Akuntansi Program Akuntansi, sebagai narasumber yang kedua menyampaikan materi mengenai Peninjauan Kurikulum dan Proses Pembelajaran D3 Akuntansi dimulai dari penjelasan Deskripsi level 5 KKNI, Kurikulum Perguruan Tinggi, Perumusan Kompetensi, Perumusan Kurikulum sampai dengan penjelasan Contoh Perumusan Learning Outcomes.

 

Dilanjutkan sesi kedua yaitu pembahasan kurikulum D3 Akuntansi FE Unissula oleh peserta workshop yang mampu merumuskan kurikulum baru D3 Akuntansi FE Unissula sebagai bentuk update terhadap kurikulumnya. Adapun draft kurikulum yang disampaikan dalam workshop tersebut sudah melalui penyusunan oleh “Tim” melalui berbagai tahapan

Leave a reply