You are here: Home

PEMBUKAAN KELAS INTERNASIONAL

E-mail Print PDF

Fakultas Ekonomi (FE) Unissula memiliki visi “Mewujudkan ilmuan manajemen dan akuntansi yang terkemuka di Indonesia berdasarkan nilai – nilai islam menuju masyarakat sejahtera yang dirahmati Allah SWT dalam kerangka rahmatan lil’alamin”. Sesuai dengan visi tersebut mulai tahun ajaran 2016/2017 FE Unissula membuka program kelas internasional yang diberi nama International Class Program (ICP). Masing - masing prodi diharapkan ada 1 kelas dengan jumlah mahasiswa maksimal 20 mahasiswa. ICP bertujuan menghasilkan sarjana ekonomi sebagai generasi khaira ummah yang memiliki perspektif global, cakap dalam pergaulan internasional namun tetap memegang teguh nilai – nilai Islam.

Program ICP ini ditawarkan pada jenjang S1 Manajemen dan Akuntansi dengan keunggulan antara lain penggunaan bahasa Inggris sebagai bahasa penghantar perkuliahan, buku pegangan standar internasional dan juga sistem serta suasana perkuliahan ICP dibangun dengan mengadopsi sistem perkuliahan di luar negeri dengan tetap merujuk pada kurikulum lokal.

Program ICP berkerja sama dengan beberapa perguruan tinggi bereputasi di luar negeri. Program kerja nyata sudah dilakukan pada beberapa tahun terakhir, yaitu student dan staff mobility learning, dimana adanya pengiriman mahasiswa yang bersifat dua arah, inbound (pengiriman mahasiswa dari Luar Negeri ke Unissula) dan outbound (pengiriman mahasiswa dari Unissula ke Universitas mitra di Luar Negeri). Universitas mitra tersebut di antaranya adalah Naresuan University dan Prince of Songkhla University/PSU (Thailand), Universiti Brunei Darussalam dan Universiti Sultan Syarif (Brunei), International Islamic University Malaysia, Universiti Sultan Zainal Abidin, dan Universiti Sains Islam Malaysia (Malaysia), Changwon National Universiti (Korea), Fatih University (Turki), serta universitas dari negara lain yang masih dalam tahap persiapan.

Masa studi dalam menenmpuh kelas Internasional sama seperti kelas regular yaitu 8 semester, bagi mahasiswa yang berprestasi baik bisa lulus dalam waktu 7 semester. Dengan mengikuti program ICP mahasiswa mendapatkan keuntungan berupa :

  • Mahasiswa ICP akan mendapatkan dua transkrip yaitu dari FE dan dari universitas tujuan.
  • Mendapatkan pembekalan intensif bahasa internasional (Korea dan Inggris).
  • Mendapatkan kesempatan untuk belajar di Perguruan Tinggi partner di Luar Negeri minimal 1 semester.
  • Pinjaman text book dengan referensi asing.
  • Mendapatkan kuliah tamu dari international guest lecturer.

Selama mengikuti program ICP ini, mahasiswa akan mendapatkan beberapa manfaat yaitu system dan metode pembelajaran bertaraf internasional, medium of teaching instruction di lakukan dengan menggunakan bahasa Inggris, serta kuliah bersama dengan mahasiswa asing yang melakukan short visit ke FE Unissula.

Jurnal Ilmiah

Web Link