You are here: Home

MAHASISWA FE IKUTI STUDENT MOBILITY PROGRAM DI KOREA

E-mail Print PDF

Fakultas Ekonomi Unissula kembali mengirimkan mahasiswanya ke Korea. Olivia Fachrunnisa SE Msi PhD, Dekan FE melepaskan 2 mahasiswanya untuk mengikuti program student mobility di Dongseo University, Korea Selatan tanggal 23 Februari 2016. Student Mobility Program adalah satu program di mana memberi peluang kepada para pelajar untuk menimba pengalaman untuk belajar ke luar negari. Mereka menjalani program student mobility selama 1 semester. Kedua mahasiswa tersebut adalah mahasiswa Prodi Manajemen yaitu Belia Mulyaningtyas dan mahasiswa dari Prodi Akuntansi yaitu Indah Budiyati. Program Student Mobility ini diikuti oleh seluruh mahasiswa dari kelas unggulan yang diseleksi untuk mendapatkan beasiswa belajar di luar negeri, program student mobility ini dipilih berdasarkan kompetensi akademik, indeks prestasi dan penguasaan bahasa inggris.

Selama menjalani perkuliahan di Dongseo University, mereka mengambil jurusan Dongseo International Study dan menempuh 6 mata kuliah per minggunya, diantaranya 5 mata kuliah offline dan 1 mata kuliah online. Ke – 5 mata kuliah offline tersebut mempelajari tentang ekonomi internasional sedangkan 1 mata kuliah online mempelajari tentang korean culture yang masuk dalam mata kuliah Global Akses Asian.

Belia Mulyaningtyas berpendapat bahwa perkuliahan di Korea dan Indonesia sangatlah berbeda. Di Korea selama 1 hari mereka hanya menempuh 1 mata kuliah tetapi dalam satu hari tersebut mereka disibukkan dengan berbagai tugas yang mereka kerjakan hampir 1 hari penuh.  Mereka sangat kagum dengan mahasiswa korea yang selalu belajar keras, walaupun merasa lelah dengan tugas – tugas yang diberikan dan terkendala dengan bahasa, mereka tidaklah cepat meyerah dengan melihat persaingan yang sangat ketat di negeri orang, tetapi mereka merasa tertantang untuk melakukan hal – hal yang baru yang sebelumnya tidak mereka dapat.

Mengikuti program student mobility sangatlah menyenangkan, mereka berpeluang untuk mengalami cara kehidupan/budaya/pemikiran negara lain, berpeluang untuk berinteraksi dengan mahasiswa - mahasiwa negara lain, mereka juga mendapatkan pengetahuan yang luar biasa, dikarena sistem belajar yang mereka terapkan adalah International study, ujar salah satu dari mereka.

Jurnal Ilmiah

Web Link