You are here: Home

PENGLEPASAN KKU & PENANAMAN MANGROVE FE UNISSULA

E-mail Print PDF

Rencana penglepasan KKU di Demak akan dilakukan dengan penanaman pohon mangrove di pantai Morosari, telah terealisasikan pada tanggal 4 agustus 2016 di Desa Bedono, Sayung. Dalam penglepasan KKU tersebut dilakukan di dua tempat, yang pertama di aula fakultas ekonomi Unissula untuk mahasiswa KKU di PT. Sinar Sosro, dan yang kedua di Desa Bedono, Sayung untuk mahasiswa KKU di Demak.

Dalam penglepasan KKU di Desa Bedono, Sayung, dilakukan dengan acara bakti sosial pemberian 1000 bibit mangrove dan penanaman pohon mangrove oleh tim dosen dan mahasiswa. Kegiatan tersebut mengambil tema “Ayo Menanam Mangrove  untuk Sayung Hijau”. Selain itu, bakti sosial ini juga menjadi sarana perwujudtan pengabdian masyarakat dari dosen dan mahasiswa ke lingkungan sekitar Unissula. Penyerahan bibit mangrove dilakukan oleh Dekan FE Unissula, Ibu Hj. Olivia Fachrunnisa. SE. M.Si. Ph.D kepada Lurah Desa Bedono, Bapak Haris dan ketua komunitas mangrove, Bapak Aslor.

Penanaman mangrove ini bertujuan untuk mendekatkan dunia akademisi dengan masyarakat, terutama masyarakat Sayung yang rentan mengalami abrasi, karena Mangrove merupakan salah satu habitat terpenting daerah pesisir pantai. Menanami mangrove adalah upaya untuk melakukan konservasi pantai yang terus terkikis oleh abrasi seperti halnya pantai Morosari yang terletak di kabupaten Demak. Hutan mangrove selain berfungsi sebagai barikade untuk mencegah abrasi, juga menjadi habitat perkembang biakan dan perlindungan biota laut, ujar Nurhidayati, SE., M.Si, Ph.D selaku sekretaris KKU.

Camat Sayung, Drs. Widodo Indriantoro, MM., mengucapkan banyak terima kasih kepada tim dosen dan mahasiswa – mahasiswa FE Unissula yang berkenan untuk ikut dalam pelestarian hutan mangrove, dan diharapkan penanaman mangrove ini mampu untuk manahan intensitas absari dan menyumbang oksigen, serta membangun intensitas hayati seperti kepiting, burung, kupu – kupu, dll untuk kehidupan masyarakat.

Jurnal Ilmiah

Web Link