You are here: Home

WORKSHOP INTERNALISASI VISI, MISI & NILAI FE

E-mail Print PDF

Dalam mewujudkan sebuah visi, misi dan nilai sebuah perguruan tinggi menuju perguruan tinggi yang dipadang masyarakat merupakan perguruan tinggi yang berkualitas maka perlu adanya proses jangka panjang yang harus ditempuh untuk menuju tujuan akhir yaitu  menyatukan visi, misi, dan nilai perguruan tinggi. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menyatukan visi, misi dan nilai perguruan tinggi adalah melalui survei evaluasi budaya. Survei evaluasi budaya merupakan proses untuk melihat dan menilai apakah sebuah organisasi telah mencapai transformasi yang diinginkan, dengan tujuan untuk melihat apakah program dan kegiatan penegakan nilai-nilai budaya akademik islami telah berjalan dengan baik dan untuk menemukan faktor pendukung serta faktor penghambat implementasi program dan kegiatan penegakan nilai-nilai budaya akademik islami. Oleh karena itu, dalam menindaklanjuti survei evalusi budaya, maka pada hari Jumat, 4 November 2016 Fakultas Ekonomi Unissula mengadakan “Workshop Internalisasi Visi, Misi, dan Nilai FE” dengan tema “Menuju Kecermelangan Budaya Akademik Islam (BudAI)” yang bertempat di Hotel Grasia Semarang. Workshop tersebut diisi oleh pihak dari TCS Consulting yaitu Bapak Aminul R Pulungan dan Bapak Legisan S Samtafsir.

 

Bapak Aminul menyampaikan bahwa dalam menyamakan visi dan misi sebuah organisasi memerlukan budaya organisasi yang dilandaskan oleh nilai (value), cara pikir (mindset), dan perilaku (behaviour). Semua itu dapat dibentuk melalui evaluasi budaya, merumuskan nilai organisasi, melalui share value Internaliation, dan melalui agent of change establishing  training.

 

Materi selanjutnya disampaikan oleh Bapak Legisan, beliau menjelaskan mengenai tindakan yang harus dilakukan untuk meraih kecermelangan BudAI. Beliau menjelaskan bahwa kejayaan UNISSULA yang diraih selama ini tidak datang dari langit, tetapi datang dari apa yang telah kita lakukan, dan semua itu dapat diraih karena FE Unissula mempuyai mimpi, keyakinan, karakter hebat, kerja keras, dan role model. Selain itu surat Al-Falaq menjelaskan bahwa ada 5 pilar dalam membangun negeri, yaitu (1) Spirituality / hamba Allah melalui kesucian, (2) Humanity / Khalifah Allah melalui kemanusiaan, (3) Piety / Taqwa untuk menuju kemuliaan, (4) Unity / Tahuid menuju ketangguhan, dan (5) Prosperity / Amal Jariyah untuk dilaksanakan. Ke – 5 pilar tersebut dapat diterapkan dalam membangun kecermelangan BudAI Unissula.

Selain visi dan misi Unissula, kita harus memperhatikan nilai yang akan menunjang terwujudnya visi dan misi Unissula, nilai tersebut antara lain (1) Amanah yang berarti setiap orang yang terlibat didalamnya harus mampu mengemban amanah sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada organisasi maupun kepada Allah SWT, (2) Teamwork (kerja kelompok), (3) Equality (keadilan) yang berarti harus ada pembagian tugas yang seimbang, (4) leadership (kepemimpinan), dan (5) Inovatif.

Jurnal Ilmiah

Web Link