You are here: Home

PROGRAM PENGABDIAN MASYARAKAT FE UNISSULA

E-mail Print PDF

Fakultas Ekonomi Unissula yang bekerja sama dengan Kecamatan Sayung Kab. Demak mengadakan program pengabdian masyarakat yang berjudul “PELATIHAN PENINGKATAN KAPASITAS LEMBAGA PEMERINTAHAN DESA MELALUI BUDAYA ORGANISASI” hari Rabu, 21 Desember 2016 bertempat di ruang 10 Fakultas Ekonomi Unissula yang dimulai dari jam 08.00 WIB – 11.30 WIB. Kegiatan ini dihadiri oleh peserta yang terdiri dari masing – masing 2 orang yang merupakan wakil desa dari kurang lebih 18 desa se – kecamatan Sayung. Selain itu, kegiatan ini diisi oleh Camat Sayung, Bpk Indrijantoro Widodo, SE., MM, dan dosen FE Unissula, Nurhidayati, SE., M.Si., Ph.D. serta Prof. Widodo, SE., M.Si.

Nurhidayati, SE., M.Si., Ph.D, menyampaikan bahwa budaya organisasi sangat diperlukan dalam lembaga maupun organisasi di masyarakat yang meliputi pola pikir, yang digunakan dalam menghasilkan sebuah Karya, sehingga dari pola pikir dan hasil karya tersebut menentukan perilaku seseorang. Budaya organisasi merupakan sebuah sistem bersama yang dianut oleh para anggota yang membedakan suatu organisasi dari organisasi – organisasi lainnya. Beliau juga memberikan contoh perusahaan yang berhasil dalam menerapkan budaya organisasi pada karyawannya, yaitu perusahaan KALBE FARMA yang dibangun dari nol sampai menjadi perusahaan terbesar se – Asia Tenggara. Kunci dari keberhasilan KALBE FARMA adalah :

 

  • Para pendirinya mempercayakan pengelolaan perusahaan kepada profesional
  • Nilai – nilai yang ditanamkan, antara lain : integritas, bisa bekerjasama dengan tim, mau bekerja keras, tekun dan inovatif, serta mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan.
  • “orang sebaik dan sehebat apapun, kalau integritasnya tidak bisa dipegang, tidak akan dipakai di Kalbe....”

Dari contoh perusahaan Kalbe yang berhasil menjadi salah satu perusahaan farmasi terbesar se – Asia Tenggara menandakan bahwa budaya organisasi yang diterapkan di perusahaan tersebut merupakan budaya organisasi yang kuat serta sudah mendarah daging dalam diri karyawan – karyawannya.

Selain itu, Prof. Widodo menjelaskan tentang “Menggapai Impian Melaui Implementasi Visi & Misi”. Visi dalam mewujudkan pembangunan desa yang Merata, Berkualitas  dan dilandasi oleh Nilai-Nilai Keunggulan Lokal. Beliau menjelaskan dalam membuat sebuah visi harus memberikan arah pandangan kedepan terkait dengan kinerja dan peranan organisasi, serta memberikan gambaran tentang kondisi masa depan yang ingin diwujudkan oleh organisasi. Sedangkan untuk mewujudkan visi organisasi diperlukan misi yang sejalan dalam upaya pencapaian visi organisasi tersebut.

Dari uraian yang disampaikan oleh Nurhidayati, SE., M.Si., Ph.D, diharapkan para peserta memiliki wawasan dan pengetahuan dalam memahami budaya di lingkungan organisasi masing – masing serta mampu mengaplikasikan pengetahuan dalam praktek kerja sehari – hari.

Jurnal Ilmiah

Web Link