You are here: Home

KULIAH DOSEN TAMU

E-mail Print PDF

Dalam rangka mempersiapkan wirausaha yang inovatif dan kreatif guna menciptakan “Business Genius” dalam prakteknya, maka dari itu Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi UNISSULA menyelenggarakan Kuliah Dosen Tamu yang bertemakan “Kiat Sukses Enterpreneurship Sejati Menuju Indonesia Emas”, pada hari Jum’at, 23 Desember 2016 yang bertempat di Aula Fakultas Ekonomi UNISSULA yang dimulai dari pukul 08.00 WIB s/d 11.30 WIB.

Kuliah dosen tamu tersebut menghadirkan Pengurus KADIN Pusat, EFLI RAMLI yang merupakan Ketua Umum Asosiasi Industri Sabut Kelapa Indonesia (AISKI) dan juga merupakan alumni Fakultas Ekonomi UNISSULA. Beliau menjelaskan tentang bagaimana kiat memulai berwirausaha khususnya bagi pemula?

 

Dalam uraiannya beliau menerangkan bahwa, bagi untuk memulai usahanya dalam 18 bulan pertama ada 2 kemungkinan, yaitu : 2 dari 10 pengusaha berhasil dan 8 dari 10 pengusaha gagal. Semua itu bisa terjadi dikarenakan ada 3 unsur kesuksesan, yaitu :

  1. Talenta (Anda dilahirkan dengan ini, dan tdk dapat dirubah)
  2. Usaha (unsur yang dapat dirubah dan difokuskan ke pikiran, mental, dan fisik)
  3. Keberuntungan & Do’a (Berdasarkan kemungkinan, anda dapat memperbesar kemungkinan)

Beliau juga menjelaskan, ada 10 hal yang harus diketahui oleh seorang pemula dalam menjalankan bisnisnya, yaitu :

  1. Melihat hambatan sebagai peluang, seperti jika seseorang kesulitan memesan ojek, maka munculah Go-Jek. Yang terpenting adalah mencari lebih dari 1 solusi dan pelajari solusi yang paling efektif.
  2. Kompetitor = Subjek Penelitian, Persaingan berarti ada teman dalam berbisnis, ketika mereka gagal anda bisa pelajari itu (pesaing jadi kelinci percobaan gratis), ketika berhasil dalami cara mereka (pesaing jadi guru gratis)
  3. Segala Sesuatu membutuhkan Effort, Seringkali anda mendapatkan informasi bisnis yang GAMPANG, tidak membutuhkan EFFORT, anda tinggal duduk manis dan mendapatkan keuntungan. WASPADA! Makin seperti janji surga, makin besar kemungkinan itu jebakan!
  4. Kesempurnaan adalah musuh Kemajuan, Sangat bagus untuk menciptakan produk yang sangat sempurna 100%, saran saja, cukup sampai 75% kesempurnaan terpenuhi langsung jual di pasar. Sisanya sambil jalan. Karena untuk memenuhi 25% kesempurnaan effort dan waktu anda akan dua kali lipat atau lebih besar dari anda memenuhi 75%, jadi tidak efisien.
  5. Hal Besar dibuat dari Hal Kecil, Sukses berwirausaha bukanlah proses satu kali, ia adalah kelompok dari banyak proses. Produk anda yang laku di pasar adalah kumpulan dari kesuksesan anda membuat ide produk, kesuksesan anda memproduksi, kesuksesan anda membuat pengguna mencoba produk, dan kesuksesan kecil lain yang bisa jadi anda tidak ketahui.
  6. Salah itu Menyehatkan, Karena berwirausaha bukan proses satu kali, gagal di satu hal masih memungkinkan anda untuk mencari siasat dengan cara lain. Catat kesalahan yang pernah anda lakukan, lalu tinggalkan secepat mungkin perasaan bersalah apalagi perasaan KAPOK.
  7. Tidak ada yang disebut Ajaib, Bahkan pesulap harus mempelajari posisi penonton, bagaimana persepsi di pikiran penonton bisa dimanipulasi, mempelajari kecepatan tangan, berolahraga, meminta bantuan asisten panggung, dan berbagai proses untuk membuat anda seakan melihat sesuatu yang “AJAIB”
  8. Perspektif Baru Adalah Anugerah, Pikiran anda adalah asset, namun pikiran anda masih mungkin menjebak, apa yang anda pikirkan efektif belum tentu benar-benar efektif. Jika ada pandangan lain pahami dan pelajari, dan uji. Namun tinggalkan pandangan yang hanya tuhan yang tahu bagaimana mengujinya.
  9. 9. Disiplin adalah Kunci, Disiplin adalah manifestasi dari komitmen dan niat anda dalam berwirausaha. Ketika anda mendapati rasa malas dalam menjalankan usaha anda. berhenti sejenak dan coba lihat, apakah anda memang berniat untuk wirausaha? Karena niat yang bulat dapat secara instan mengalahkan kemalasan. Wirausahawan tahu kapan harus berhenti dan mengalihkan fokus dan energi.
  10. 10. Pengusaha Adalah Gaya Hidup, Bukan Profesi, Menjadi pengusaha bukan profesi, ia adalah gaya hidup, ia adalah bagaimana anda beristirahat, bekerja, memandang sesuatu, menghadapi persoalan, mengatur waktu, makan, belajar, bahkan ke kamar mandi. Pelajari gaya hidup pengusaha sukses dan pahami, anda akan mendapat banyak pelajaran dari bagaimana mereka menjalani kehidupan sehari-hari mereka.

Jadi menjadi wirausahawan orisinil bukan muncul dari situasi yang ajaib. Jika ada peluang menduplikasi, coba duplikasi dan pelajari tapi jangan berhenti, tambahkan ide orisinil anda di situ dan buat hal itu lebih baik.

Jurnal Ilmiah

Web Link