You are here: Home

DISKUSI AKADEMIK

E-mail Print PDF

Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi (HMJ-A) Fakultas Ekonomi Universitas Islam Sultan Agung Semarang menyelenggarakan diskusi akademik bagi mahasiswa S1 akuntansi. Diskusi akademik merupakan salah satu program HMJ – A yang bertujuan untuk memberikan wawasan kepada mahasiswa – mahasiswa Akuntansi semester 5 dan semester 3 tentang adanya MEA, dimana hal tersebut mengejutkan masyarakat, sehingga sebagai seorang akuntan, kita hendaknya merespon hal ini dengan mengetahui kriteria apa saja yang diperlukan untuk bersaing diantara akuntan – akuntan negara ASEAN lainnya.

Acara yang diadakan pada hari Jumat, 23 Desember 2016 di Gedung Bersama Lt 10 dari pukul 09.00 – 11.30 WIB dihadari oleh 200 peserta mengambil judul “STRATEGI PENYIAPAN AKUNTAN INDONESIA DI ERA MEA BERBASIS KURIKULUM KKNI DAN INTERNATIONAL EDUCATION STANDARD MELALUI PEMILIHAN KONSENTRASI”. Dengan tujuan agar mahasiswa FE khususnya jurusan Akuntansi mempunyai wawasan terhadap 3 konsentrasi, diantaranya :

  • Akuntansi Keuangan
  • Akuntansi Sektor Publik
  • Akuntansi Syariah

Pembicara yang didatangkan untuk mengisi diskusi akademik tahun ini adalah :

  1. Ibu Dr. Hj. Indri Kartika, M.Si., Akt (Akuntansi Keuangan)
  2. Bapak Dedi Rusdi, SE., M.Si., Akt., CA (Akuntansi Syariah)
  3. Ibu Dista Amalia Arifah, SE., M.Si., Akt, CA (Akuntansi Syariah)
  4. Ibu Provita Wijayanti, SE., M.Si., Ak, CA (Kurikulum KKNI dan International Education Standard)

Kurikulum KKNI IES memacu statement dari pahlawan kita yaitu Ki Hajar Dewantara. didalam prodi Akuntansi di Fakultas Ekonomi sudah memacu KKNI dan International Education Standard dengan 3 pencapaian pembelajaran yaitu : Sikap, Pengetahuan, Ketrampilan umum dan khusus.

Berdasarkan IES (International Education Standard) terdapat 11 area kompetensi itu masuk didalam kompetensi pengetahuan dan keterampilan umum dan khusus untuk lulusan seorang akuntan. Terdapat 11 area kompetensi yang harus dimiliki agar dapat bersaing di MEA yaitu:

  1. Akuntansi dan Pelaporan Keuangan,
  2. Akuntansi Manajemen,
  3. Manajemen Keuangan,
  4. Perpajakan,
  5. Audit and Assurance,
  6. Tata Kelola, Manajemen Resiko dan Pengendalian Internal,
  7. Hukum Bisnis,
  8. Teknologi Informasi,
  9. Lingkungan Bisnis dan Organisasi,
  10. Pengantar Ekonomi Makro dan Mikro,
  11. Strategi Bisnis.

Ada 9 penerapan integrasi kurikulum islamic soft skill, KKNI, SN – DIKTI, dan IES. Yang membedakan hanya pada nomor 9 yaitu learning across culture dengan melakukan student exchange dan konsen mengoptimalkan kurikulum nasional maupun internasional.

Jurnal Ilmiah

Web Link