You are here: Home

Talkshow Nasional Megamic 2016

E-mail Print PDF

MEGAMIC merupakan rangkaian kegiatan tahunan yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen (HMJ – M). MEGAMIC 2016 kali ini berlangsung dari tanggal 15 Desember 2016 s/d 11 Januari 2017 yang diikuti oleh peserta mulai dari pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum. Rangkaian kegiatan tersebut diantaranya : Lomba Desain Poster, Lomba Karya Tulis Ilmiah, Business Plan Competion, Talkshow, Lomba Fotografi, dan yang terakhir adalah lomba Futsal.

Untuk acara Talkshow Nasional diadakan hari Sabtu, 24 Desember 2016 di Aula Fakultas Ekonomi Unissula. Talkshow Nasional tersebut dihadiri oleh 400 peserta yang berasal dari berbagai universitas serta peserta yang telah menang dalam perlombaan yang diadakan sebelumnya. Kegiatan ini mengambil tema Membangun desa melalui UMKM” dengan menghadirkan 3 pembicara yaitu :

  1. Ir. Gayatri Indah Cahyani, M.Si selaku Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Tengah (yang diwakilkan oleh Bapak Shondy Purwoko, SE, MM selaku Kepala Bidang Pemberdayaan UMKM Provinsi Jawa Tengah),
  2. Haykal Kamil selaku aktor sekaligus young enterpreneur, dan
  3. Sally Giovani selaku business woman.

Acara ini resmi dibuka pada pukul 08.00 WIB oleh Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Islam Sultan Agung, Hj. Olivia Fachrunisa, SE, Msi, PhD yang berjalan dengan lancar dan seru berkat moderator acara yang turut berpartisipasi yaitu Obin Robin yang merupakan penyiar radio dan eksis di dunia standup Comedy.

Dalam talkshow tersebut membahas tentang perkembangan UMKM yang berada di sektor desa dan bagaimana cara agar UMKM tersebut berpengaruh besar di desa. Menurut ketiga pembicara tersebut perlu pemberdayaan UMKM di desa guna pengembangan desa agar lebih makmur masyarakatnya dan lebih mandiri serta perlunya peranan dari pemuda/pemudi untuk mendukung dari adanya program tersebut. Para audience sangat antusias dalam mengikuti rangkaian acara yang selesai pada pukul 14.15 WIB.

Di harapkan seluruh mahasiswa yang mengikuti acara tersebut untuk berani memulai bisnis sedini mungkin agar kedepannya bisa menjadi pembuka lapangan pekerjaan dan bisa mengurangi pengangguran di Indonesia. Jangan takut gagal sebelum mencoba, tapi teruslah melangkah ke depan membuat inovasi yang kreatif untuk Indonesia lebih sejahtera.

Jurnal Ilmiah

Web Link