You are here: Home

PENGABDIAN MASYARAKAT FE UNISSULA

E-mail Print PDF

Berwirausaha merupakan salah satu upaya dalam memperoleh pendapatan. Meskipun sederhana, seorang pelaku usaha pemula memerlukan keterampilan untuk menciptakan sebuah produk. sedangkan hal itu, maka FE Unissula menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat, bertempat di LP Wanita, Bulu, Semarang dengan mengambil tema “Pembukuan Sederhana dan Pemasaran Produk”, dan dilaksanakan pada hari Jum’at, 24 Maret 2017 dan diikuti oleh 50 peserta dari LP Wanita.

Dalam kegiatan ini, tim pelaksana melakukan observasi terhadap penghuni LP perempuan Klas II Semarang. Para napi selama menjalani masa tahanan telah dibekali dengan keterampilan untuk menghasilkan berbagai macam produk kerajinan yang memiliki nilai jual. Namun, keterampilan yang telah dipelajari tersebut belum didampingi dengan pembekalan mengenai bagaimana cara memasaran produk dan pengelolaan catatan keuangan atau pembukuan.

 

Dalam penyampaian mengenai sistem pembukuan sederhana, disampaikan oleh Ibu Dista Amalia Arifah, SE., M.Si, Akt yang merupakan salah satu dosen FE Unissula. Beliau menyampaikan bahwa pembukuan dalam usaha sangat diperlukan untuk mempermudah bisnis dan untuk mengetahui apakah bisnis yang dijalankan berkembang atau tidak. Karena pembukuan ini mempunyai beberapa manfaat, diantaranya : (1) dapat mengetahui arus uang dalam bisnis, (2) dapat mengetahui posisi modal, (3) mencegah tercampurnya antara pengeluaran pribadi dan pengeluaran dalam usaha, (4) serta dapat mencegah terjadinya kebangkrutan. Sedangkan untuk mengatur keuangan dan pembukuan supaya bisnis yang dijalankan dapat berjalan dengan lancar, dapat mencontoh cara yang dilakukan oleh Dian Eka Safitri (pemilik Palem Cookies), caranya yaitu :

  1. Jangan pernah mlas mencatat hal-hal kecil dalam bisnis, baik pengeluaran maupun pendapatan.
  2. Bila tidak bisa melakukannya, pilihlah orang yang dapat dipercaya.
  3. Jangan menggunakan uang yang dialokasikan untuk bisnis, gunakanlah uang operasional.

Yang diharapkan dari kegiatan ini adalah penghuni LP Klas II Perempuan Semarang akan memiliki pengetahuan yang memadai terkait strategi pemasaran produk dan pembukuan sederhana ketika menjadi seorang pengusaha pemula, setelah selesai menjalani masa tahanan di LP sehingga mereka termotivasi untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi saat kembali di masyarakat.

Jurnal Ilmiah

Web Link