You are here: Home

Visiting Prof. Dr. Khaliq Ahmad

E-mail Print PDF

Dalam Upaya Mewujudkan misi Fakultas Ekonomi (FE) yang berkaitan dengan Digitalisasi dan Internalisasi maka pada tanggal 3 – 14 April 2017 FE Unissula menerima kunjungan dari Prof. Dr. Khaliq Ahmad. Beliau merupakan mantan Dekan IIBF (Institute of Islamic Banking and Finance) dari IIUM (International Islamic University Malaysia) sekaligis sebagai dosen senior di bidang stratejik manajemen dan leadership. Dalam kunjungannya kali ini di FE Unissula beliau memberikan perkuliahan di kelas RKI (Rintisan Kelas Internasional) dengan 16 kali tatap muka. Program ini diikuti oleh 2 program studi yaitu prodi Akuntansi dan prodi Manajemen sebanyak 46 mahasiswa. Selain itu, beliau juga mengisi workshop untuk mahasiswa MM (Magister Management) untuk membekali pandangan leadership yang sekarang ini banyak dipengaruhi oleh ilmu dari barat. Workshop tersebut mengambil tema “Leadership from Islamic Perspektive” dan diadakan pada hari Sabtu, 8 April 2017.

Selain workshop tersebut, beliau juga mengisi workshop yang diadakan pada hari Senin, 10 April 2017 dengan peserta dari dosen FE dan dosen PTS di Jawa Tengah. Workshop kali ini mengambil tema “Islamization of Management Science”. Ada 2 hal pokok yang dibahas dalam wokshop kali ini, yaitu :

  • Islamic Marketing Management, yang berlandaskan etika dan keimanan kepada Allah. Dalam menjalankan marketing management yang berlandaskan keimanan kepada Allah SWT, maka ada beberapa syarat yaitu:

-  Memahami ilmu – ilmu Islam

-  Memahami ilmu – ilmu manajemen marketing dan stratejik

-  Memiliki tanggung jawab sebagai akademis

-  Merupakan proses intelektual (belajar, diskusi, mengkritik, dll).

  • Islamic Scients Management, yang membahas Ilmu Manajemen dalam perspektif Islam. Dalam Perspektif Islam, persaingan merupakan strategi dalam berkoordinasi untuk mendapatkan ilmu yang sebanyak – banyaknya, bukan untuk mendapatkan profit yang sebanyak – sebanyaknya.

Jurnal Ilmiah

Web Link