You are here: Home

SEMINAR ILMIAH & LAUNCHING PROGRAM DOKTOR ILMU MANAJEMEN (PDIM)

E-mail Print PDF

Fenomena pendidikan secara praktikal semakin materialistik dan telah mengakibatkan penurunan akhlak bangsa. Hal ini menyebabkan tujuan pendidikan yang menekankan pada penguasaan IPTEK dan skill yang membawa kosekuensi pendidikan yang berkarakter hampir tidak terjamah.

Oleh karena itu, Program Doktor Ilmu Manajemen (PDIM) Fakultas Ekonomi Unissula Semarang hadir dengan prinsip menunjang tinggi nilai-nilai Islam, dan menjadikan Islam sebagai pandangan hidup bagi segenap civitas akademika, menjadi sumber inspirasi, motivasi, sekaligus menjadi filter dalam kegiatan ilmiah dan budaya.

Program Doktor Ilmu Manajemen resmi dibuka pada hari Senin, 08 Mei 2017 di Aula Fakultas Ekonomi dalam acara “Launching Program Doktor Ilmu Manajemen (PDIM)” dengan Surat Keputusan Mentri Riset, Teknologi dan Pendidikan Republik Indonesia No. 205/KPT/2017. Dalam acara tersebut dihadiri oleh Dekan – Dekan dari berbagai Perguruan Tinggi Se- Jawa Tengah, Kepala Dinas dari berbagai bidang se-Kota Semarang dan Kab. Demak, serta ketua dan staff YBWSA.

Seminar Ilmiah yang diikutsertakan dalam rangkaian acara launching program doktor ini bertemakan “Dinamika Manajemen Perguruan Tinggi Menuju World Class Islamic University” diisi oleh Dr. Totok Prasetyo, B. Eng., MT. Beliau merupakan Direktur Pembinaan Kelembagaan Perguruan Tinggi dan Prof. Dr. DYP Sugiharto, M.Kons yang merupakan Koordinator Kopertis Wil. VI Jateng. Dalam seminar tersebut disampaikan bahwa Unissula merupakan pioner world class yang berlandaskan keislaman. Selain itu banyak perguruan tinggi yang tidak memahami arti dari to be world class, world class berarti harus diakui oleh dunia international, bukan untuk disepelekan. Terdapat beberapa kriteria yang menandakan bahwa universitas tersebut merupakan universitas dengan tingkat world class, diantaranya berapa rasio antara dosen dengan mahasiswa, unissula sendiri mempunyai rasio 1:39. Dalam dunia internasional rangking 1 yang menduduki world class adalah Harvard University yang telah memiliki rasio dosen dan mahasiswa 1:1. Kriteria yang lain adalah adanya International Lecture dan International Student yang berarti bukan mahasiswa dari luar negeri yang berkuliah di Indonesia, tetapi mahasiswa lokal yang mempunyai pengetahuan dan kemampuan international yang layak dipersaingkan di kancah dunia.

Jurnal Ilmiah

Web Link