You are here: Home

ECOWEEK FE UNISSULA 2017

E-mail Print PDF

Ecoweek (Economic Week), merupakan serangkaian acara besar yang bertaraf nasional dalam rangka meningkatkan prestasi mahasiswa ekonomi di seluruh Indonesia yang diselenggarakan oleh BEM FE Unissula untuk yang kedua kalinya mulai tanggal 18 – 21 Mei 2017. Rangkaian event tersebut diantaranya : Bazar dengan tema “Explore Market” yang diadakan bersamaan dengan event ECODITA yang diadakan oleh HMJ-D3 Akuntansi selama 2 hari dari tanggal 18 – 19 Mei 2017 dan diikuti oleh para peserta dari kalangan umum sampai tingkat perguruan tinggi.

Dilanjutkan dengan acara pembukaan Ecoweek tanggal 18 Mei 2017 di area parkir sebelah timur FE Unissula yang dihadiri oleh peserta kompetisi National Case yang berasal dari perguruan tinggi se – Indonesia. National Case Competition dengan tema Optimizing Smart City to Resolve Social Problem” ini merupakan acara utama dengan peserta mahasiswa dari seluruh Indonesia, yang bertujuan agar mahasiswa dapat memecahkan suatu masalah yang dituangkan dalam bentuk karya tulis dan nantinya akan dipresentasikan oleh para peserta lomba. Dengan mendapat dukungan dari Pemerintah Kota Semarang dan Dinas Sosial Kota Semarang, diharapkan hasil analisis dari kompetisi ini dapat membantu pemerintah kota Semarang dalam mengoptimalisasi program Smart City agar menjadi Kota yang mandiri dan bisa menginspirasi kota-kota lainnya. Setelah itu, dipilih 10 tim yang diundang ke Semarang untuk melakukan field research di Pusat Informasi Publik (PIB) di Semarang. Ke – 10 tim tersebut diantara dari :

  1. Super Solution (UPM)
  2. Harlot (Universitas Budi Luhur)
  3. Vincentio (Universitas Budi Luhur)
  4. Super Power (Universitas Budi Luhur)
  5. Frontline (Universitas Budi Luhur)
  6. Dalugas (Universitas Islam Sultan Agung)
  7. Magical Girls (Universitas Udayana)
  8. Abra Abirama (Universitas Jendral Soedirman)
  9. Teh Kotak (Prasetya Mulya)
  10. Territory (Prasetya Mulya)

Setelah melakukan field research, para peserta melakukan presentasi pada tanggal 19 Mei 2016 di FE Unissula yang dinilai oleh Yuktiasih Proborini (Komunitas Sahabat Difabel), Dr. Heru Sulistyo, SE., M.Si (Dosen FE Unissula), dan Abdullah Adib (Dinas Sosial Kota Semarang) sebagai juri.

Selanjutnya di malam harinya para peserta menghadiri gala dinner yang bertempat di Rumah Dinas Ketua DPRD. Di hari terakhir, Ecoweek juga mengadakan Talkshow Nasional dengan pembicara : Muhammad Assad, M.Sc (CEO Rayyan Capital) dan dr. Gamal Albinsaid (CEO Home Medika). Talkshow tersebut mengambil tema “Be Sociopreneur Through Smart City Idea”, yang membicarakan tentang bagaimana mengubah mindset para peserta dari enterpreneur biasa ke arah socialpreneur melalui gagasan smart city di Kota Semarang. Diakhir Talkshow Nasional, diumumkan pemenang lomba bazar, dan pemenang National Case Competition serta penyerahan hadiah. Berikut daftar para pemenangnya :

National Managemet Case Competition :

Juara 1              : Magical Girls (Universitas Udayana)

Juara 2              : Super Solution (UPM)

Juara 3              : Dalugas (Universitas Islam Sultan Agung)

Selanjutnya para peserta diajak untuk field trip kota Semarang, mereka diajak untuk mengunjungi tempat – tempat wisata di kota Semarang, diantaranya ke Lawang Sewu dan ke Sampokong.

Jurnal Ilmiah

Web Link