You are here: Home

PENGUATAN PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH)

E-mail Print PDF

PKH (Program Keluarga Harapan) adalah program perlindungan sosial yang merupakan program Kementrian Sosial yang memberikan bantuan tunai kepada Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) dan bagi anggota keluarga.

Program ini, dalam jangka pendek bertujuan mengurangi beban RTSM dan dalam jangka panjang diharapkan dapat memutus mata rantai kemiskinan antar generasi, sehingga generasi berikutnya dapat keluar dari perangkap kemiskinan. Pelaksanaan PKH juga mendukung upaya pencapaian Tujuan Pembangunan Millenium. Tujuan Pembangunan Millenium diantaranya :

  1. Menanggulangi Kemiskinan dan Kelaparan
  2. Mencapai Pendidikan Dasar untuk Semua
  3. Mendorong Kesetaraan Gender dan Pemberdayaan Perempuan
  4. Menurunkan Angka Kematian Anak
  5. Meningkatkan Kesehatan Ibu
  6. Memerangi HIV/AIDS, Malaria dan Penyakit Menular Lainnya
  7. Memastikan Kelestarian Lingkungan Hidup
  8. Mengembangkan Kemitraan Global untuk Pembangunan

Maka dari itu, Fakultas Ekonomi (FE) Unissula (24/5) mendukung Kementerian Sosial dalam penguatan Program Keluarga Harapan (PKH) melalui pengembangan kelompok usaha bersama PKH dengan melakukan pendampingan PKH di 3 Desa mitra Unissula, diantaranya : Desa Samanggihan, Desa Sumogawe, dan Desa Ngrawan, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang.

Tujuan dari pendampingan yang dilakukan oleh Dosen FE adalah sebagai bentuk dari pengabdian masyarakat yang merupakan salah satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan penguatan jiwa Enterpreneur dengan bantuan modal usaha sembako, yang diperuntukkan untuk usaha dalam bidang sembako, untuk memenuhi kebutuhan Komunitas Usaha, dan menguatkan ekonomi PKH serta masyarakat pedesaan pada umumnya.

Jurnal Ilmiah

Web Link