You are here: Home

CALL FOR PAPER 3rd CBAM & WORKSHOP PERUMUSAN LO AKUNTANSI SYARIAH

E-mail Print PDF

 

CBAM (Conference in Business, Accounting and Management) merupakan forum tahunan bagi akademisi, peneliti, praktisi dan mahasiswa S1 – S3 multi disiplin yang diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi Unissula. Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Gracia, Semarang pada tanggal 20 Juli 2017.

Konferensi 3rd CBAM ini, berhasil menampung 58 paper yang berasal dari internal maupun eksternal. Paper tersebut dipresentasikan di depan audience dengan pembagian kelompok tertentu. Dari presentasi tersebut dipilih 2 best paper sebagai pemenangnya, kedua best paper tersebut adalah : Henri Cusbambang (Universitas BINUS) dan Drs. HM. Bedjo Santoso, MT., P.hD (Unissula).

Dalam konferensi ini, dihadiri oleh perwakilan dari berbagai universitas di Semarang dan mahasiswa program S2 FE Unissula. Sebagai pembicara dalam seminar Dr. Heru Sulistyo, SE., M.Si ; Prof. Mohammad Nizarul Alim ; dan Tyovan Ari Widagdo. 3rd CBAM tahun ini mengambil tema Re-Engineering Knowledge in Islamic View and Competitive Advantage”, yang membahas tentang rekayasa ulang dalam penguasaan teori/pengetahuan menurut pandangan Islam dan keunggulan kompetitif. Para pembicara menyatakan bahwa dalam kompetisi bisnis ditentukan oleh keunggulan kompetitif dan keunggulan kompetitif itu sendiri ditentukan oleh profesionalitas, yang berarti bahwa profesi akan mampu bersaing dilingkungan profesinya apabila bertindak profesional dengan didukung oleh karakteristik keunggulan kompetitif. Sehingga dalam merekayasa ulang pengetahuan menurut pandangan Islam harus berpandangan hidup terhadap dunia. Sedangkan Worldview manusia ada 3, yaitu Muhlikuun (dunia sebagai tujuan, akhirat diabaikan), Muqtashiduun (dunianya sebagai bekal akhiratnya), dan Muflihuun (akhirat sebagai tujuan, dunia diabaikan).

Selain Seminar 3rd CBAM, dilaksanakan juga workshop “Perumusan LO Akuntansi Syariah”. Workshop ini hadiri oleh 26 peserta dari anggota IAI, yang sebagian peserta dari seminar yang sebelumnya. Bertindak sebagai pembicara dalam workshop ini adalah Prof. Tjiptohadi dan Jaka Isgiyarta.

Workshop ini mendiskusikan tentang persiapan Pre Conference capaian pembelajaran S1 Akuntansi Syariah. Dalam persiapan tersebut perlu memperhatikan hasil pertemuan IAI KAPd yang diadakan di Universitas Hasanudin Makasar pada tanggal 29-30 September 2016 dan hasil rumusan Workshop Kurikulum Akuntansi Syariah di UIN Yogyakarta 6 Mei 2015.

Jurnal Ilmiah

Web Link