You are here: Profil

Profil Fakultas Ekonomi

VISI
Sebagai lembaga pendidikan tinggi Islam terkemuka di Asia Tenggara pada tahun 2020, dalam pengembangan ilmu ekonomi yang menekankan ekonomi kerakyatan, dan pembinaan kecendekiawanan, kepakaran dan perkaderan pemimpin umat dan dakwah untuk mencapai rahmatan lil alamin

MISI

  1. Merekontruksi ilmu ekonomi sesuai dengan ajaran Islam dan mengembangkan ekonomi Islam untuk kepentingan umat terutama kaum dhuafa’ (ekonomi kerakyatan).
  2. Mendidik dan mengembangkan sumber daya manusia pada semua strata pendidikan tinggi ilmu ekonomi dengan mengutamakan kepribadian Islam, kecendekiawanan, kepakaran dengan standard tertinggi, dan menjadi kader kepemimpinan  umat dan dakwah.
  3. Mengembangkan gagasan, kegiatan dan kelembagaan sesuai dengan pengembangan dan rekontruksi ilmu ekonomi Islam untuk kepentingan umat/masyarakat menuju rohmatan lil alamin


TUJUAN

  1. Melakukan rekonstruksi  dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang ekonomi atas dasar Islam, secara terus menerus dan berkelanjutan untuk kepentingan kemajuan dan kesejahteraan umat manusia terutama ekonomi kerakyatan.
  2. Menghasilkan cendekiawan, pakar dan pendidik muslim di bidang ekonomi yang tangguh pada era kompetisi global,   berahlak mulia,  menguasai nilai-nilai dasar Islam dan Islam untuk disiplin ilmu ekonomi dan  karya-karyanya senantiasa dilandasi oleh pemikiran  Islam, serta siap melaksanakan tugas-tugas kepemimpinan umat dan dakwah.
  3. Menjadi  'research faculty'  yang tangguh di bidang ekonomi Islam.
  4. Secara berkelanjutan mewujudkan lulusan pada semua strata pendidikan tinggi yang memiliki ahlak mulia, berkualitas dalam penguasaan iptek di bidang ekonomi , memiliki jiwa kewirausahaan, menguasai nilai-nilai dasar Islam dan Islam untuk disiplin ilmu ekonomi,  mendapat kualifikasi regional (ASEAN), dan siap melaksanakan tugas-tugas kepemimpinan umat dan dakwah.
  5. Memiliki staf administratif yang berahlak mulia, ramah, cakap di bidang tugasnya, serta memiliki wawasan pendidikan tinggi.
  6. Menjadi pusat pemberdayaan dan pelayanan masyarakat dalam bidang ekonomi usaha kecil dan menengah.
  7. Menjadi bagian integral yang terkait secara fungsional dalam memecahkan masalah yang dihadapi masyarakat untuk mensukseskan pembangunan nasional dan merintis masa depan yang lebih baik, khususnya bagi kesejahteraan ekonomi, melalui kerjasama yang erat dengan umat Islam, pemerintah, dunia usaha, para alumni dan masyarakat luas

 

SASARAN DAN STRATEGI PENCAPAIANNYA

Pimpinan Fakultas dan Prodi serta berbagai ketua Unit terkait dengan mempertimbangkan masukan dari anggota senat dan memperhatikan Statuta kemudian membuat rencana strategis (Renstra) Fakultas Ekonomi UNISSULA dilaksanakan untuk jangka waktu sepuluh tahun (2001-2010) dan telah dilakukan perbaikan dalam Road Map (2009-2013), yang berisi visi, misi dan tujuan dan sebelas Isu Strategis serta sebelas Rencana Strategis Pengembangan. Sebagai implementasi dari Renstra maka disusunlah Rencana Operasional Lima Tahunan (Renop 5 tahun) dan Sistem Perencanaan Penyusunan Program dan Penganggaran (SP4) setiap tahun. Dalam Road Map tersebut sudah terinci mengenai tahapan capaian dengan indikator yang terinci untuk tiap periodenya. Renstra dan Renop Fakultas Ekonomi UNISSULA kemudian menjadi acuan dalam menyusun Renstra dan Renop Program Studi. Pelaksanaan Renstra oleh pimpinan Fakultas dilakukan dengan mengeluarkan berbagai kebijakan dalam bentuk Surat Keputusan dan aturan-aturan yang menjamin kesesuaiannya dengan visi, misi dan tujuan Fakultas Ekonomi UNISSULA.  Isu – isu strategis dalam Renstra tersebut secara operasional harian dijabarkan dalam SP4 Fakultas Ekonomi UNISSULA dan unit-unit dibawahnya.

Prosedur pelaksanaan kegiatan dimulai dengan penyusunan rencana kegiatan oleh unit yang selalu mengacu pada Renstra. Usulan dari Prodi dan unit yang berwujud proposal kemudian disampaikan kepada Fakultas. Fakultas mengkaji usulan program ini dengan berbagai pertimbangan dan dalam rangka proses pengintegrasian satu kegiatan dengan kegiatan lain serta pertimbangan kesesuaian program dengan visi, misi dan tujuan serta Renstra Fakultas. Usulan yang diterima dapat langsung dilaksanakan dengan dukungan dana dan lainnya. Jika ada kekurangan dalam proposal maka dilakukan perbaikan oleh Prodi atau unit dengan supervisi dari pihak Fakultas. Setelah program terlaksana maka unit wajib membuat laporan kegiatan dan laporan keuangan

Jurnal Ilmiah

Web Link