You are here: Profil Visi Misi dan Tujuan

Visi Misi dan Tujuan FE

VISI

Terwujudnya ilmuwan dan professional dibidang manajemen dan akuntansi yang trampil serta terkemuka di Asia Tenggara pada tahun 2024 yang berkarakter Islami

MISI

  1. Merekonstruksi ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang manajemen dan akuntansi atas dasar nilai - nilai Islam melalui kegiatan penelitian serta publikasi hasil penelitian.
  2. Mendidik dan mengembangkan sumber daya insani yang Islami pada bidang ilmu manajemen dan akuntansi dalam rangka membangun generasi khaira ummah, dan kader-kader ulama tafaqquh fiddin, dengan mengutamakan kemuliaan akhlak, dengan kualitas kecendikiawanan dan kepakaran standar tertinggi , siap melaksanakan tugas kepemimpinan umat dan dakwah.
  3. Mengembangkan pengabdian kepada masyarakat dalam membangun peradaban Islam menuju masyarakat sejahtera yang dirahmati Allah SWT dalam kerangka rahmatan lil a'alamin.
  4. Mengembangkan gagasan dan kegiatan agar secara dinamik senantiasa siap melakukan perbaikan kelembagaan sesuai dengan hasil rekonstruksi dan pengembangan iptek, dan perkembangan masyarakat.

TUJUAN

  1. Terselenggaranya proses rekonstruksi, pengembangan dan publikasi ilmu pengetahuan dan teknologi manajemen dan akuntansi atas dasar nilai - nilai Islam secara konsisten dan berkelanjutan, sejalan dengan perkembangan kebutuhan masyarakat menuju masyarakat sejahtera yang dirahmati Allah SWT.
  2. Terbentuknya jamaah pendidik dan professional muslim yang bertaqwa dan tafaqquh fiddin, dengan kecendikiawanan dan kepakaran kualitas tertinggi dalam kesetaraan universal, menguasai nilai - nilai dasar Islam untuk disiplin ilmu, istiqomah dalam melaksanakan tugas kependidikan, berkarya ilmiah dan mengemban tugas-tugas kepemimpinan dakwah.
  3. Terselenggaranya pendidikan tinggi dibidang ilmu manajemen dan akuntansi yang dibutuhkan masyarakat pada jenjang sarjana, magister, dan doktor yang Islami sejalan dengan kebutuhan menuju masyarakat sejahtera yang dirahmati Allah SWT.
  4. Menghasilkan generasi Khaira Ummah lulusan strata pendidikan tinggi pada bidang ilmu manajemen dan akuntansi yang berakhlak mulia, menguasai iptek dengan standar tertinggi, menguasai bahasa Inggris dan atau bahasa Arab, dan teknologo informasi, siap melaksanakan tugas kepemimpinan dan dakwah.
  5. Terwujudnya partisipasi dan peran aktif dalam membangun kesejahteraan masyarakat dan pengembangan peradaban Islam, melalui studi dan pengabdian intensif, bermutu dan relevan, menuju masyarakat sejahtera yang dirahmati Allah SWT.
  6. Terselenggaranya silaturrahim yang intensif dengan pusat-pusat pengembangan iptek dan kebudayaan Islam, Islamic, Studies, dan Islamic Center diseluruh dunia.
  7. Terselenggaranya proses penjaminan mutu secara teratur dan berkelanjutan.
  8. Terselenggaranya proses yang konsisten pada penyempurnaan kelembagaan sejalan dengan hasil - hasil rekonstruksi ilmu dan pengembangan iptek, evaluasi diri dan dinamika perkembangan masyarakat.

SASARAN

  1. Dosen yang memiliki kualifikasi pendidikan tertinggi, memilki akhlak mulia dan menguasai nilai-nilai Islam, kepemimpinan dan dakwah.
  2. Dosen yang memiliki kualitas kesetaraan global dan sejahtera.
  3. Lulusan yang berkualitas yang memiliki jiwa kewirausahaan, leadership, kemandirian dan IT serta peduli pada masyarakat.
  4. Tercapainya pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dibidang ekonomi yang sejalan dengan nilai-nilai Islam.
  5. Terbentuknya pusat penelitian dan cluster dalam bidang manajemen dan akuntansi.
  6. Menjadi pusat studi dan kajian ekonomi Islam.
  7. Terwujudnya publikasi karya ilmiah berbasis nilai Islam pada tingkat nasional dan internasional.
  8. Partisipasi aktif dalam forum nasional dan internasional terkait dengan masalah manajemen dan akuntansi yang dilandasi nilai-nilai Islam.
  9. Diperolehnya modal pemberdayaan ekonomi rakyat yang dapat mensejahterakan kaum duafa secara berkelanjutan.
  10. Menjadi pusat unggulan bagi pengembangan masyarakat tertinggal dan industri kecil dan menengah.
  11. Terwujudnya tata kelola instusi yang baik berbasis teknologi informasi.

STRATEGI PENCAPAIAN

  1. Mendorong dan memberi fasilitas studi lanjut dan pengembangan karier dosen guna mencapai derajat keilmuan tertinggi (S3).
  2. Menyempurnakan sistem rekrutmen penerimaan dosen/karyawan baru sesuai dengan standart dan prosedur serta test penguasaan bahasa Inggris yang memadahi (TOEFL)
  3. Mendorong dan meningkatkan dosen untuk mengembangkan kemampuan mengajar, meneliti dan pengabdian kepada masyarakat.
  4. Menciptakan iklim yang kondusif bagi dosen untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, sehingga mendorong peningkatan jabatan fungsional akademik bagi dosen.
  5. Mengadakan seleksi calon mahasiswa yang memadahi.
  6. Menyempurnakan proses belajar mengajar dan menyelenggarakan sistem evaluasi diri yang sistematis dan berkesinambungan.
  7. Mengembangkan budaya akademik yang mendorong mahasiswa belajar dan berprestasi.
  8. Menyempurnakan manajemen perpustakaan dan secara bertahap melengkapi buku, jurnal nasional dan internasional serta literatur keislaman.
  9. Menyempurnakan kurikulum dan proses belajar mengajar.
  10. Pengembangan penalaran dan keilmuan melalui forum pertemuan ilmiah, lomba-lomba yang bernafas penalaran dan keilmuan, kegiatan latihanketerampilan mahasiswa dan kegiatan keorganisasian antar kampus.
  11. Pengembangan minat dan kegemaran mahasiswa melalui kegiatan olahraga, kesenian, keagamaan, penalaran dan kesejahteraan mahasiswa.
  12. Peningkatan kesejahteraan mahasiswa melalui pemberian beasiswa prestasi akademik, bimbingan dan penyuluhan serta pembinaan karier, pengembangan keterampilan peningkatan ketaqwaan serta keimanan (pesantren mahasiswa & unit-unit ke Islaman), pembinaan koperasi mahasiswa serta pembinaan lembaga korp mahasiswa.
  13. Pelaksanaan Bhakti Sosial Mahasiswa, melalui proses manajemen yang cermat, pengendalian terhadap penyimpangan atas tujuan dan sasaran.
  14. Melaksanakan kegiatan penunjang melalui pengembangan pembimbing/ pelatih inti, pengembangan Sistem Informasi Mahasiswa, dan tata organisasi untuk koordinasi dalam lingkungan kampus dan luar kampus.
  15. Pembinaan dan pengarahan mahasiswa pada pencapaian tujuan Visi dan Misi melalui kegiatan-kegiatan kearah peningkatan kualitas, kemandirian, keteladanan serta pemberdayaan pada kaum dhuafa'.
  16. Memberikan dana pelatihan kepeminpinan mahasiswa bagi organisasi ekstra Universitas yang berasas Islam seperti HMI, PMII, dsb dalam rangka mencetak kader kepemimpinan umat dan kader dakwah yang handal.
  17. Mendororng staf pengajar untuk menulis di media ilmiah dan di media massa di tingkat regional, nasional dan internasional.
  18. Mengadakan pengkajian ilmu keislaman yang diharapkan menunjang peningkatan ketaqwaan dan amal sholeh serta menciptakan iklim yang kondusif pada setiap civitas akademika untuk melakukan ibadan secara baik.
  19. Meningkatkan produktivitas penelitian pusat-pusat penelitian di Fakultas / Jurusan dan penyediaan anggaran penelitian yang sesuai dengan rasio serta kebutuhan pengembangan keilmuan.
  20. Meningkatkan kualitas penelitian dengan prioritas pada penelitian ilmu ekonomi yang dapat menunjang bidang pendidikan dan pengabdian masyarakat, pembangunan nasional serta Visis, Misis dan Tujuan Fakultas Ekonomi UNISSULA.
  21. Mengembangkan pusat-pusat penelitian di Fakultas / Jurusan dengan mengupayakan kerjasama dengan pihak lain dalam disiplin ilmu yang relevan dan spesifik.
  22. Meningkatkan keterpaduan penelitian antar disiplin ilmu yang berorientasi pada pusat unggulan Fakultas Ekonomi.
  23. Menyempurnakan sistem pengelolaan organisasi penelitian (PPM dan PPA) dan pengembangan cluster-cluster penelitian.
  24. Mendorong dosen utnuk memplublikasikan hasil penelitian ke Jurnal di tingkat regional, nasional dan internasional.
  25. Mendorong dan memberi fasilitas kepada dosen untuk menyampaikan makalah dalam seminar Regional, Nasional, dan Internasional.
  26. Mengembangkan kajian strategis konstruktif dengan pemerintah, masyarakat, dunia usaha dan organisasi kemasyarakatan lainnya, untuk memahami permasalahan, kebutuhan dan tuntutan masyarakat.
  27. Memanfaatkan proses pengabdian kepada masyarakat sebagai sarana memperkenalkan Fakultas Ekonomi.
  28. Memanfaatkan hasil penelitian iptek tepat guna serta kajian pembangunan daerah.
  29. Mengembangkan wilayah binaan dengan berorientasi pada implementasi "pusat unggulan".
  30. Mengembangkan Pusat Inkubasi Bisnis (PIB), PPM dan PPA dengan memberi fasilitas dan anggaran yang lebih memadahi.
  31. Mendirikan lembaga konsultasi dan bursa pasar kerja bagi alumni dan masyarakat luas.
  32. Menambah kualitas dan kuantitas tenaga akademik dan tenaga administrasi sesuai nisbah baku (standart).
  33. Mengadakan pelatihan-pelatihan berjenjang dan studi lanjut bagi tenaga administrasi dan tenaga penunjang akademis.
  34. Menyempurnakan struktur organisasi dan tata kerjanya.
  35. Menyempurnakan Sistem Informasi Manajemen (SIM), supaya informasi mudah diaskes dan pendelegasian dapat berjalan cepat dan terkontrol.
  36. Menyempurnakan peraturan kepegawaian dan tata tertib kemahasiswaan, agar civitas akademika mengetahui secara jelas hak dan kewajibannya.
  37. Menyempurnakan sistem penyusunan anggaran, pemeliharaan sarana dan peningkatan kesejahtaraan.

Jurnal Ilmiah

Web Link