Magang merupakan salah satu syarat wajib untuk mendapatkan gelar sarjana. Tuntutan dunia kerja yang semakin tinggi mengakibatkan proses magang menjadi sangat penting untuk ke depannya. Masalah magang ini telah diatur dalam Undang-Undang No. 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan khususnya pasal 21 – 30 dan lebih spesifiknya diatur dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi no. Per.22/Men/IX/2009 tentang Penyelenggaraan Pemagangan di Dalam Negeri. Manfaat kegiatan magang, mahasiswa memiliki kesempatan untuk mengaplikasikan semua ilmu yang telah dipelajari di bangku kuliah dan mempelajari detail tentang seluk beluk standar kerja yang profesional. Pengalaman ini kemudian menjadi bekal dalam menjalani jenjang karir yang sesungguhnya. Selain itu mahasiswa juga dapat menambah wawasan mengenai dunia industri dan meningkatkan keterampilan serta keahlian praktek kerja.

D-III Akuntansi FE UNISSULA bekerjasama dengan PBMTI Jawa Tengah mengadakan kegiatan Magang Tematik  selama 1 bulan penuh di bulan Agustus mulai 1 Agustus s.d 31 Agustus 2017, lokasi magang tersebar di BMT Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Kendal, dan Salatiga. Kegiatan magang tematik diikuti oleh mahasiswa D-III Akuntansi FE UNISSULA angkatan 2015 sejumlah 74 mahasiswa. Mahasiswa sejumlah 74 tersebut diberikan pembekalan sebagai bekal sebelum mereka terjun ke lapangan.

Pembekalan magang tematik dilaksanakan pada hari Jumat, tanggal 28 Juli 2017 jam 08.00 di Aula FE UNISSULA dengan narasumber Bapak Jusuf, MM (Sekretaris PBMTI Jawa Tengah). Adapun dosen pembimbing lapangan (DPL) dari FE UNISSULA yakni Sri Dewi Wahyundaru, SE., M.Si, Ak, CA; Sri Anik, SE, M.Si; Dedi Rusdi, SE., M.Si, Akt, CA; dan Sutapa, SE, M.Si, Akt, CA. DPL tersebut mendampingi 74 mahasiswa selama kegiatan magang tematik dan penyusunan laporan magang yang akan diujikan di depan DPL dan Penguji dari PBMTI Jawa Tengah. Ujian magang tematik dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 16 September 2017 jam 08.00 s.d selesai di ruang 203, 204, 205, dan 206 lantai 2 FE UNISSULA. Penguji PBMTI Jawa Tengah terdiri dari Andi Setiawan, SE; Supriyadi, SE; Supardi, SE., MM; dan Widi Mulyanta, SE.

Normal 0 false false false IN X-NONE X-NONE MicrosoftInternetExplorer4
Leave a reply