Ecoweek atau Economi Week merupakan rangkaian event nasional yang diselenggarakan oleh BEM FE Unissula yang dimulai dari tahun ini tepatnya tanggal 10 – 14 Mei 2016. Rangkaian event tersebut diantaranya : Business Model Canvas Competition (BMC) & Bazar dengan tema “Explore Market” yang diikuti oleh peserta dari tingkat SMA sampai tingkat perguruan tinggi se – Semarang selama 3 hari dari tanggal 10 – 12 Mei 2016. Dilanjutkan dengan acara pembukaan Ecoweek tanggal 12 Mei 2016 di taman belakang perpustakaan FE Unissula yang dihadiri oleh peserta kompetisi Management Case yang berasal dari perguruan tinggi se – Indonesia. National Management Case Competition ini merupakan acara utama dengan peserta mahasiswa dari seluruh Indonesia, dimana peserta lomba mendapatkan kasus objek wisata Semarang yaitu Taman Marga Satwa untuk dikembangkan lebih baik lagi. Mendapat dukungan dari Dinas Budaya dan Pariwisata Kota Semarang, diharapkan hasil analisis case kompetisi  Management Case tingkat nasional ini dapat menjadi usulan pembangunan untuk Taman Marga Satwa Semarang. Setelah itu, dipilih 10 tim yang diundang ke Semarang untuk melakukan field research di Taman Marga Satwa. Ke – 10 tim tersebut diantara dari :

  1. Equilibrium (Universitas Udayana) – Bali
  2. Barakati (Universitas Islam Sultan Agung) – Semarang
  3. Ecodevation (Universitas Negeri Semarang) – Semarang
  4. Kepodang (STIE BPD Jateng) – Semarang
  5. Talkmind (Universitas Ahmad Dahlan) – Yogyakarta
  6. Simplemindedness (Universitas Udayana) – Bali
  7. Indirecta (Universitas Jendral Soedirman) – Purwokerto
  8. Super Power (Universitas Budi Luhur) – Jakarta
  9. Ecoglow (Universitas Jendral Soedirman) – Purwokerto
  10. Satria (Universitas Jendral Soedirman) – Purwokerto

Setelah melakukan field research, para peserta melakukan presentasi pada tanggal 13 Mei 2016 di FE Unissula yang dinilai oleh Agus Kariswanto, S.E (dinas budaya pariwisata kota Semarang), Reza Rahardian (Marketeer, Inc), dan Agus Sobari, S.E., M.Si (dosen pemasaran FE Unissula) sebagai juri. “Alhamdulillah acara sudah berjalan dengan lancar, sangat bersyukur dapat menyelesaikan event pertama yang mungkin masih banyak kekurangan yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan untuk tahun selanjutnya”, ujar Dimas Saputra Ketua Ecoweek.

Selanjutnya di malam harinya para peserta menghadiri gala dinner yang bertempat di Wisma Perdamaian dengan dihibur oleh accoustic dari FE Unissula. Di hari terakhir, tanggal 14 Mei 2016 Ecoweek juga mengadakan Talkshow Nasional dengan pembicara : Reza Rahardian (senior activator di Markplus, inc) dan Ahmad Munif (Founder wisatasemarang.com) serta moderator Imam Syakur (Duta Museum Jawa Tengah). Talkshow tersebut mengambil tema “Empowering Semarang Tourism Through Digital Marketing”, yang membicarakan tentang strategi dalam pemasaran melalui media digital pada pariwisata Semarang. Diakhir Talkshow Nasional, diumumkan pemenang lomba bazar, dan pemenang National Management Case Competition serta penyerahan hadiah. Berikut daftar para pemenangnya :

BMC Competition : Haraknit (Unissula)

National Managemet Case Competition :

  • Juara 1              : Equilibrium (Universitas Udayana) – Bali
  • Juara 2              : Indirecta (Universitas Jendral Soedirman) – Purwokerto
  • Juara 3              : Talkmind (Universitas Ahmad Dahlan) – Yogyakarta
  • Best Speaker      : Barakati (Universitas Islam Sultan Agung) – Semarang

Selanjutnya para peserta diajak untuk field trip kota Semarang, mereka diajak untuk mengunjungi tempat – tempat wisata di kota Semarang, diantaranya ke Goa Kreo dan ke Sampokong. Harapan peserta dengan diadakannya kompetisi ini menurut Guido mewakili tim Equilibrium (Universitas Udayana) menjelaskan, “Tentunya harapannya semoga saran, kritikan, dan inovasi yang kami tawarkan dapat dipertimbangkan dan ditindaklanjuti agar Taman Marga Satwa ini dapat lebih baik lagi dan dapat menjadi ikon wisata Kota Semarang”.


Leave a reply