Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen (HMJ – M) Fakultas Ekonomi Unissula mengadakan kegiatan yang dapat menjunjung tinggi sportifitas warga Jawa Tengah yang bernama ESPADA (Economic Sport and  Creative Idea) yang bertemakan “Big Bang Brain”. Seluruh panitia ESPADA yaitu warga Unissula dikerahkan untuk membagikan surat undangan, membagikan brosur kepada seluruh SMA/SMK se-Jawa Tengah. Kegiatan ini disponsori oleh Homesick,Tri,Jepara Ocean Park, Public Relation Fakultas Ekonomi Unissula dan Suara Merdeka.
Kegiatan ESPADA ini dibagi menjadi 2 yaitu LKTI (Lomba KaryaTulis Imiah) dan Futsal :

1. LKTI (Lomba Karya Tulis Ilmiah )

LKTI yang bertemakan “Semangat Generasi Muda Dalam Membangun Ekonomi Indonesia” dibuka pendaftaran pada tanggal 15 Maret – 30 April 2016, tahap pertama untuk mengikuti kegiatan ini adalah peserta harus mengirimkan naskah kepada panitia. Peserta adalah kelompok yang terdiri dari 3 orang siswa dan 2 official. Selanjutnya pada tanggal 1-6 Mei 2016 dilakukan penjurian naskah. Dari sekian banyaknya peserta LKTI sendiri, panitia hanya mengambil 5 naskah yang nantinya akan di presentasikan.
Peserta yang LOLOS 5 besar adalah : SMA N 1 Juwana Tim 1, SMA Sultan Agung Semarang, SMA N 1 Juwana Tim 2, SMA N 1 Juwana Tim 3 dan SMA N 1 Karanganyar. Kemudian 5 besar tersebut menghadiri Technical Meeting yang diadakan pada tanggal 14 Mei 2016 di Fakultas Ekonomi Unissula.
Di puncak acara pada tanggal 20 Mei 2016 peserta 5 besar melakukan presentasi naskah dan dilakukan penjurian langsung oleh dosen dari Fakultas Ekonomi Unissula.

  • Juara 1

SMA N 1 Juwana dengan judul “ Peran Muatan Lokal Membatik di Sekolah untuk Membangkitkan Semangat Generasi Muda dalam Meningkatkan Perekonomian di Indonesia”.
Dengan hadiah Rp 1.500.000 + throphy + sertifikat

  • Juara 2

SMA N 1 Juwana dengan judul “Implementasi Pemuda DJITU Melalui Industri Kreatif dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN”.
Dengan hadiah Rp. 1.000.000 + throphy + sertifikat

  • Juara 3

SMA N 1 Juwana dengan judul “Strategi dan Peran Kewirausahawan Siswa SMA N 1 Juwana guna Membangun Perekonomian di Indonesia”
Dengan hadiah Rp. 750.000 + throphy + sertifikat

Juara1, Juara 2 dan Juara 3 rupanya diboyong oleh ketiga tim dari SMA N 1 Juwana. Pendamping dari SMA N 1 Juwana sempat meneteskan air mata dan ia tak segan bersujud saat mengetahui siswa siswinya mampu memboyong piala juara 1 2 dan 3. Pendamping SMA N I Juwana merasa tak sia-sia datang ke Unissula untuk mengikuti lomba karya tulis ini.

2. Futsal

Kegiatan ESPADA yang kedua yaitu Futsal antar SMA atau SMK sederajat se – Jawa Tengah. Peserta terdiri dari maksimal 10 orang siswa dan 2 official. Futsal ini menggunakan sistem pertandingan group. Untuk futsal, antusias siswa SMA//SMK sangatlah tinggi, terbukti ada 21 tim yang mewakili sekolahnya terdaftar sebagai peserta di kegiatan ini. Pertandingan futsal ini diadakan pada tanggal 21-22 Mei 2016 di Lapangan Venus Futsal Semarang. Berikut adalah pemenang lomba futsal SMA/SMK antar Jawa Tengah :

  • Juara 1 : SMA Sultan Agung 2 dengan hadiah uang tunai Rp 2.000.000+ sertifikat + throphy
  • Juara 2 : SMK N 7 Semarang dengan hadiah uang tunai Rp. 1.500.000 +sertifikat+throphy
  • Juara 3 : SMK N 1 Semarang dengan hadiah uang tunai Rp. 1.000.000+sertifikat+throphy
Leave a reply