Proses pemagangan mahasiswa KKU Angkatan XXVI Fakultas Ekonomi Unissula di Demak dibagi menjadi 30 kelompok yang mana 1 kelompok terdiri dari 7 mahasiswa, dengan total mahasiswa 207 yang akan disebar ke 20 desa di Demak. 20 desa tersebut antara lain : Desa Gemulak, Tugu, Sidogemah, Prempelan, Tambakroto, Pilangsari, Kalisari, Sayung, Karangasem, Dombo, Bulusari, Purwosari, Bedono, Timbul Sloko, Surodadi, Loireng, Jetaksari, Sriwulan, Banjarsari, dan Sidorejo).

Dalam KKU yang di Demak mempunyai program yang diberi nama KKU Tematik, dimana KKU Tematik ini memiliki 2 tema tertentu, diantaranya :

  • Simpa (Sistem Informasi Desa)

Simpa ini merupakan sistem informasi desa dimana perangkat desa sudah mendapatkan hardware dan software dari pemerintah yang diperuntukan untuk pelaporan hasil pemasukan dan pengeluaran desa yang telah dilakukan. Dikarenakan kurang pahamnya dalam pelaporan menggunakan hardware maupun software tersebut maka peserta KKU tersebut ditugaskan untuk mendampingi perangkat desa dalam melakukan pelaporan.

  • BUMDes (Badan Usaha Milik Desa)

Para peserta KKU juga melakukan pendampingan terhadap BUMDes ini. Tujuan pendampingan tersebut adalah untuk menggali potensi desa yang meliputi masyarakat maupun alam agar tercipta kesejahteraan desa. Misalnya seperti pasar tradisional, pendapatan dari pasar tradisional dapat masuk pendapatan desa, usaha ikan asap dapat dipasarkan lewat BUMDes tersebut.

Rencana penglepasan KKU di Demak akan dilakukan dengan penanaman pohon manggrov di pantai Morosari karena permintaan dari desa serta akan dilakukan penanaman pohon teduh untuk menghijaukan desa.

Manfaat dari KKU di Demak tersebut adalah supaya mahasiswa dapat menerapkan/mengaplikasikan landasan teori atau mata kuliah yang telah diperoleh dalam dunia kerja. Adanya hubungan antara landasan teori dan penerapannya dapat digunakan untuk mengevaluasi/menganalisa suatu permasalahan serta dapat membina dan meningkatkan hubungan baik antara Perguruan Tinggi/Sekolah tinggi dengan lingkungannya.

Leave a reply