Perguruan Tinggi merupakan kelanjutan pendidikan menengah yang diselenggarakan untuk mempersiapkan peserta didik untuk menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan profesional sehingga dapat menerapkan, mengembangkan, dan menciptakan ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian (UU 2 tahun 1989, pasal 16 ayat (1). Perguruan tinggi melalui progam magang, praktek kerja lapangan dan sejenisnya, menginginkan lulusan mahasiswanya lebih siap terjun dan terampil dalam dunia usaha maupun profesional. Berdasarkan hal tersebut, maka FE Unissula bekerjasama dengan PT. Sinar Sosro menyelenggarakan KKU.

PT. Sinar Sosro adalah perusahaan nasional, yang bergerak dibidang industri minuman, mencakup produksi produk produk sosro dan distribusinya. Salah satu strategi distribusi dan penjualan yang sedang digencarkan adalah Pendekatan Wilayah. Dalam rangka mendekatkan dunia bisnis dan dunia praktek, maka strategi distribusi dan penjualan PT Sinar Sosro ini dapat dijadikan wadah bagi mahasiswa untuk mendapatkan ilmu praktik tentang kegiatan operasi sebuah bisnis. Oleh karena itu, kerjasama antara PT Sinar Sosro dengan Fakultas Ekonomi Universitas Islam Sultan Agung Semarang diharapkan dapat meningkatkan soft-skill para mahasiswa.

KKU Angkatan XXVI di PT Sinar Sosro kali ini diikuti oleh 200 mahasiswa dari jurusan manajemen dan akuntansi yang dibagi menjadi 40 kelompok secara acak, yang masing – masing kelompok tersebut terdiri dari 5 mahasiswa dan setiap 2 orang akan ditempatkan di outlet yang ditentukan. Sehingga dari total outlet yang ditentukan berjumlah 200 outlet. Kunjungan pertama dilakukan tanggal 13 Mei 2016 dan akan dilaksanakan selama 2 bulan (6 minggu sebelum lebaran dan 2 minggu setelah lebaran). Mahasiswa KKU dalam hal ini ditempatkan sebagai surveyor distribusi pemasaran khususnya pada Kantor Penjualan Semarang lebih berorientasi pada kajian saluran distribusi  berbasis wilayah.  Dengan demikian output analisis adalah peluang usaha/ kelayakan bisnis yang juga berbasis distribusi pemasaran wilayah. Sasaran analisis kajian peluang usaha (SKB) difokuskan pada wilayah specific dalam pemasaran Teh Botol Sosro, termasuk di dalamnya study kelayakan, peramalan penjualan, potensi pasar dsb.

Adapun manfaat – manfaat spesifik yang akan didapatkan mahasiswa dengan mengikuti program KKU ini adalah :

  1. Memberikan wadah bagi mahasiswa guna menambah wawasan, pengetahuan berwirausaha, kemampuan diri (konsep, teknis dan komunikasi) dalam menghadapi kondisi / permasalahan yang nyata.
  2. Meningkatkan soft-skill mahasiwa.
  3. Mendapatkan “eagle-view” atas potensi simulasi bisnis yang telah di survey
  4. Dapat menerapkan/mengaplikasikan landasan teori atau mata kuliah yang telah diperoleh dalam dunia usaha-praktek kerja. Adanya hubungan antara landasan teori dan penerapannya dapat digunakan untuk mengevaluasi/menganalisa suatu permasalahan.
  5. Mahasiswa mampu menganalisa/menggali potensi bisnis dan membuat studi kelayakan bisnis distribusi minuman Teh Botol Sosro RGB di wilayah spesifik, melalui konsep TERRITORY MANAGEMENT, yang merupakan salah satu konsep berbasis wilayah dalam menguasai pasar yang digunakan PT Sinar Sosro dalam menjalankan bisnis di bidang Distribusi dan Penjualan
  6. Membina dan meningkatkan hubungan baik antara Perguruan Tinggi/Sekolah tinggi dengan lingkungannya
Leave a reply