Kemampuan berbicara sangat penting untuk dikuasai oleh masyarakat secara umum, karena sebagian besar waktu digunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain terutama komunikasi lisan.

Tidak sedikit orang merasa takut dan tidak percaya diri untuk berbicara didepan umum padahal mereka memiliki fisik yang utuh dan jenjang pendidikan yang tinggi bahkan orang yang telah memiliki jabatan sekalipun. Ini menunjukkan bahwa fisik yang utuh dan pendidikan yang tinggi tidak sepenuhnya mempengaruhi individu untuk berani tampil didepan umum.

Keterampilan berbicara sering kali dianggap remeh oleh sebagian orang yang tidak sedikit pula merasa menyesal karena mereka tidak memiliki keterampilan dalam berbicara didepan banyak orang. Banyak hal-hal yang tidak bisa mereka raih yang hanya disebabkan oleh ketidakterampilnya mereka dalam berbicara seperti gagalnya meraih nilai bagus dalam presentasi mata kuliah tertentu.

Tidak sedikit pula mereka yang berbicara didepan umum tetapi tidak memperhatikan gaya bahasa, body language, costume, dan intonasi. Padahal itu semua perlu diperhatikan agar audience tertarik pada si pembicara.

Oleh karena itu, Badan Eksekutif (BEM) Fakultas Ekonomi UNISSULA mengadakan “Pelatihan Public Speaking” pada hari Jum’at, 8 Desember 2017 bertempat di GKB lt. 1 ruang Seminar UNISSULA, dengan coach Andina Ayu Mandira dan Fadel Zulkarnaen. Public Speaking sendiri berfungsi untuk menyampaikan informasi kepada orang lain, penyampaian informasi ini dapat berupa tatap muka dengan melakukan presentasi, pidato, dalam kegiatan rapat, MC, ataupun dalam pertemuan informal.

Pelatihan ini dihadiri oleh 50 peserta yang terdiri dari seluruh anggota BEM FE Unissula, serta perwakilan dari anggota HMJ-M, HMJ-A, HMJ-D3, dan DPM.

Leave a reply