Lembaga keuangan syariah menjadi salah satu bentuk usaha yang belakangan banyak mendapatkan perhatian masyarakat. Prinsip syariah yang diterapkan di dalamnya dianggap lebih menguntungkan dibandingkan dengan lembaga keuangan konvensional. Nasabah pada lembaga keuangan syariah bahkan tak terbatas pada kalangan masyarakat yang beragama Islam tetapi beragam kalangan sudah tidak lagi sungkan untuk menjadi nasabah pada lembaga keuangan syariah. Begitupun juga dengan penyelesaian persoalan ekonomi syariah jelas disebutkan telah menjadi kewenangan pengadilan agama. Praktik di lapangan menunjukkan kondisi yang bertolak belakang, para pihak yang bersengketa mengenai persoalan ekonomi syariah masih banyak yang mengajukan penyelesaian sengketa ekonomi syariah pada pengadilan negeri.

Maka dari itu, Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mengadakan Seminar Nasional & Call For Paper dengan tema “Peluang dan Tantangan Lembaga Keuangan Syari’ah” yang ditujukkan untuk umum. Oleh karena itu, untuk menguatkan visi misi & meningkatkan suasana akademik Fakultas Ekonomi Unissula, beberapa mahasiswa Unissula tertarik untuk mengirimkan paper. Akhirnya terpilih 9 mahasiswa yang berhasil lolos untuk mempresentasikan paper mereka dalam Seminar Nasional & Call For Paper. Acara tersebut dilaksanakan pada hari Sabtu, 11 Februari 2017 di Auditorium Moh. Djazman UMS. Selain mereka, ada 23 orang yang berasal dari 7 Universitas yaitu : UNPAD (10 tim), UMS (3 tim), UMMETRO (1 tim), UMY (1 tim), UNISBA (2 tim), pengiriman paper USM (1 tim), dan UNITRA (1 tim) . Ke-9 mahasiswa / ke – 9 tim tersebut dengan judul papernya antara lain :

  1. Rini Kurniawati (“Model Pengembangan Kompetensi SDM Berbasis Islamic Values pada Lembaga Keuangan Mikro Syariah”)
  2. Erma Sri Hastuti (“Sukuk Tabungan : Investasi Syariah Pendorong Pembangunan Ekonomi Inklusif”)
  3. Lukman Haryoso (“Penerapan Prinsip Pembiayaan Syariah – Murabahah pada BMT Bina Usaha di Kabupaten Semarang”)
  4. Ernanda Kusuma (“Peran Pembiayaan Mudharabah dalam Pengembangan Kinerja Usaha Mikro pada BMT”)
  5. Putri Karunia Darmayanti (“Penerapan Prinsip Wadi’ah , Mudharabah, dan Murabahah pada Lembaga Keuangan Syariah : Studi pada BMT Al-Hikmah Ungaran Timur”)
  6. Nur Hamidah (“Model Peningkatan Peran Pembiayaan Musyarakah Oleh BMT terhadap Kinerja Usaha Mikro”)
  7. Odi Nur Salam (“Analisis Pembiayaan Mudharabah Bermasalah pada BMT Mitra Hasanah Semarang”)
  8. Muhammad Ali Ridho (“Peran Pembiayaan Mudharabah Terhadap Penerimaan Kas pada BMT Ki Ageng Pandanaran Semarang”)
  9. Dini Aisyah Supandi (“Tinjauan Produk Simpanan Sukarela Berjangka di KSPPS Binama Cabang Tlogosari Semarang”)

Semua jurnal yang terpilih untuk mengikuti presentansi di UMS, telah masuk dalam jurnal UMS yang sudah diakui dan sudah ber-ISSN (International Standard Serial Number) jurnal Jurisprudence dan jurnal Law and Justice. ISSN merupakan nomor pengenal yang diberikan kepada terbitan berkala seperti halnya dalam terbitan berkala seperti majalah, surat kabar, newsletter (warta), buku tahunan, laporan tahunan, maupun prosiding.

Salah satu mahasiswa yang mengikuti kegiatan tersebut berharap “semoga fakultas ekonomi terus memberi dukungan penuh bagi setiap mahasiswanya untuk mengembangkan kompetensi dengan pengalaman secara langsung. Kegiatan seperti ini dapat diikuti oleh mahasiswa lain supaya dapat mempunyai harapan dan cita – cita yang baru dengan pola pikir yang baru dalam menghadapi tantangan dan menerima peluang yang masih terbuka lebar. Khusunya peluang di Ekonomi Syariah. Intinya jangan pernah takut untuk memulai, lakukan dulu kalau gagal itu adalah awal dari keberhasilan yang sedang diupayakan” ujar Rini.

Leave a reply