Perkembangan teknologi yang sangat pesat, ditambah dengan maraknya penggunaan sosial media yang digunakan dalam berjualan berbagai produk, seperti Facebook, Instagram, BBM, Line, Line@, Pinterest hingga web mendorong diselenggarakannya seminar “Marketing Online” yang diadakan oleh BSO Kewirausahaan FE Unissula tanggal 20 Mei 2016 yang dihadiri oleh 400 peserta dari Fakultas Ekonomi. Acara ini menghadirkan Bp. Suryadin Laoddang yang merupakan praktisi dalam dunia marketing online, baik sebagai pebisnis, konsultan marketing online di berbagai perusahaan maupun sebagai narasumber di berbagai seminar (@dosenjualan). Selain itu beliau juga berperan aktif dalam organisasi Kebudayaan Bugis, penulis dan editor buku serta sebagai penulis lepas di beberapa media cetak lokal maupun nasional. Dalam seminar kali ini, Suryadin Laoddang menjelaskan tentang ilmu – ilmu yang diterapkan pada sosial media yang dapat digunakan untuk berbisnis secara strategis serta dapat menjadi solusi bagi para pebisnis muda khususnya mahasiswa yang telah merambah dalam dunia bisnis, untuk dapat terus bersaing, dan memperlebar pasar.

Seminar “Marketing Online” ini dapat membuka wawasan kita sebagai mahasiswa bahwa sosial media tidak hanya digunakan untuk berhubungan dengan teman yang jauh maupun untuk hal – hal yang negatif, tetapi sosial media dapat digunakan sebagai media dalam berbisnis yang memudahkan bagi penjual maupun pembeli serta selain sebagai media berjualan, sosial media tersebut bisa digunakan untuk memasarkan produk, melakukan riset pasar, memilih produk yang akan dijual, dan memilih jenis media dalam pemasaran. Contoh keberasilan penggunaan sosial media dalam menjalankan bisnis adalah Eko Muhyi Syafa’at yang merupakan salah satu mahasiswa Sultra, alumni FE Unissula pemilik dari “Juragan Distro” menjadi pebisnis sukses dalam bidang fashion.

Leave a reply