FE UNISSULA Gelar Pengabdian Masyarakat Internasional Melalui Acara 8th UUiCP Yang Bekerjasama Dengan UiTM Malaysia

Semarang, 6 Juni 2023 – Universiti Teknologi Mara (UiTM)  Cawangan Terengganu Malaysia dan Fakultas Ekonomi (FE) Unissula kembali menyelenggarakan program International Collaborative Program (UUICP) yang ke-8. Kegiatan tersebut merupakan agenda rutin tahunan yang bertujuan untuk mempererat kerjasama internasional antar kedua institusi. Kerjasama yang direalisasikan antara lain guest lecture, international community service, joint research, student presentation, partnership discussion, international seminar, international profram with ORMAWA.

Dalam sambutanya, Prof. Dr. Heru Sulistyo, SE., M.Si selaku Dekan FE UNISSULA dan Associate Prof. Ts. Dr. Sarifah Fauziah selaku Wakil Rektor UiTM Cawangan Terengganu turut memberikan sambutan pada opening ceremony UUICP yan ke-8. “Kami berharap program UUICP ini dapat berlangsung secara konsisten dan memberikan inspirasi kepada masyarakat di masa yang akan datang” ujar Associate Prof. Ts. Dr. Sarifah Fauziah selaku Wakil Rektor UiTM Cawangan Terengganu dalam sambutanya.

Serangkaian acara yang dilaksanakan pada hari pertama yaitu international community service. Dalam kegiatan pengabdian masyarakat internasional mengusung  berbagai tema yang berbeda-beda. Beberapa dosen turut andil pada kegiatan tersebut sesuai dengan kompetensi di bidangnya. Dalam kegiatan tersebut, tidak hanya diikuti oleh Fakultas Ekonomi UNISSULA dan UiTM, tetapi juga dikuti oleh Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang dan Universitas Sains Al-Qur’an (UNSIQ) Wonosobo yang turut andil dalam acara join international community service pada Program UUICP yang ke-8.

Kegiatan tersebut bertempat di Balai Desa Banyubiru Kabupaten Semarang Jawa Tengah. Warga desa banyubiru turut antusias dengan kehadiran 4 universitas ternama. Rombongan dari UNISSULA, UiTM, UIN Walisongo, dan UNSIQ disambut dengan tarian khas Desa Banyubiru yakni Tari Prajuritan. Tarian prajuritan ini menggambarkan semangat dan keberanian kesetiaan pada proses dan tanggungjawab. Dalam kesempatan tersebut, perwakilan Dispermasdes Kabupaten Semarang, Camat Desa Banyubiru, jajaran perangkat desa, bumdes dan pelaku UMKM turut hadir dalam kegiatan tersebut.    

Pelaksanaan pengabdian internasional ini merupakan upaya yang dilakukan oleh Fakultas Ekonomi UNISSULA untuk meningkatkan rekognisi di bidang internasional. “Saya berharap program international community service ini dapat berlangsung secara terus menerus dan menjadi agenda tiap tahun melalui kerjasama internasional yang tidak hanya melibatkan UiTM tetapi juga menggandeng beberpa Universitas yang ada di Jawa Tengah” ujar Prof. Dr. Heru Sulistyo, S.E, M.Si dalam sambutanya.

Leave a Reply